Pimpinan Aliran Kepercayaan Masuk Daftar Hamba Tuhan

KBRN, Talaud: Pada rabu pekan lalu, Tim Pakem Kejaksaan Agung RI yang dipimpin Ricardo Sitinjak selaku Dir B Jaksa Agung Muda Intelijen melakukan pengumpulan data dan bahan keterangan dalam rangka kegiatan pemetaan aliran kepercayaan atau penghayat aliran kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Kabupaten Kepulauan Talaud. 

Pemetaan dilakukan di Buidduanne Kawasan Budaya Spiritual Aliran Kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa " Adat Musi " di desa Musi Kecamatan Lirung. 

Dari kegiatan tersebut,Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga baru mengetahui secara persis terkait posisi aliran kepercayaan yang selama ini banyak masyarakat umum tahu  di Indonesia yang diakui secara hukum hanya ada  6 agama. 

" Ternyata setelah ada putusan MK, 6 agama dan aliran kepercayaan ini sudah setara. Ini merupakan terobosan baru. Melalui Keasistenan satu bagian kesra pimpinan aliran kepercayaan ini sudah harus dimasukan dalam daftar hamba Tuhan, sehingga perhatian pemerintah terutama insentif  para pimpinan agama sudah harus masuk. Nanti dimasukan secara organisatoris siapa pemimpinnya," ujar Wabup

Ia menambahkan, Buidduanne merupakan Kawasan Budaya Spiritual Aliran Kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa " Adat Musi " di desa Musi Kecamatan Lirung juga merupakan bagian dari objek wisata budaya  sehingga kepada Dinas Pariwisata diminta untuk mengajukan permohonan anggaran ke TAPD dan Bupati untuk pembangunan tangga naik yang representatif. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar