Menkopolhukam Dan Mendagri Membuka Pencanangan Gerbangdutas 2022

KBRN, Talaud : Pembangunan Perbatasan Negara Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural menjadi tema utama pada pencanangan gerakan membangun terpadu perbatasan (Gerbangdutas)  oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Dan Keamanan (Menkopolhukam), Mohammad Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian di Talaud pada 24 mei 2022.

Gerbangdutas menjadi bagian  kebijakan pembangunan nasional tahun 2022 oleh Presiden Jokowidodo sejalan dengan menghadapi dampak pandemi covid 19 dan sekaligus menyemangati kegiatan presidensi G-20 Indonesia pada pemulihan serta tumbuh secara berkelanjutan. Sekertaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud menyebut tahun anggaran 2022, program dan kegiatan kementerian – lembaga Negara dalokasikan anggaran dengan jumlah 10,514 trilyun rupiah yang akan dialokasikan ke 15 provinsi dikawasan perbatasan Negara Republik Indonesia.

Dilaporkan pada tahun anggaran 2022 dialokasikan anggaran 10,514 triliun rupiah bersumber dari APBN,  dan tersebar di 22 kecamatan 54 kabupaten kota dan 15 provinsi,” ungkapnya.

Menkopolhukam Mahfud Md menyebut, gerbangdutas dibuat dan dicanangkan di talaud oleh pemerintah pusat, berdasar atas kebijakan afirmasi khusus yang dinilai dari segi ketertinggalan memajukan daerah dikawasan perbatasan.

“karena kebijakan afirmasi khusus ini, maka dibuatlah Gerbangdutas seperti yang dicanangkan di daerah wilayah perbatasan kabupaten kepulauan talaud,” jelasnya (24/5/2022).

Wujud dari alokasi penganggaran pembangunan saat  Pencanangan Gebangdutas di Talaud, Menkopolhukam Mahfud MD menandatangani prasasti peresmian penambahan ruang Puskesmas Pulutan dan Sambuara dari Kementerian Kesehatan  dan pembangunan rumah dinas Puskesmas Lirung, Pulutan, Tule, Beo dan Sambuara. 

Sementara Mendagri Tito Karnavian meresmikan pembangunan gedung laboratorium kesehatan daerah serta memberikan sejumlah bantuan kepada pemerintah kecamatan lokasi prioritas lokpri dan bantuan alat tulis ke pada perwakilan siswa lokasi prioritas BNPP Ri di Talaud, serta bersama pemerintah daerah kedua menteri tersebut mengetuk tetengkoren alat music bambu sebagai tanda membuka pencanangan Gerbangdutas tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar