Miangas Bakal Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

KBRN,Talaud : Desa Miangas Kecamatan Miangas, akan ditetapkan sebagai Kampung Pancasila pertama di Kabupaten Kepulauan Talaud

Rencananya, selain Desa Miangas seluruh Desa yang ada di Kabupaten Talaud menjadi Desa Pancasila, Kamis (19/05/2022).

Hal tersebut diutarakan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto melalui Kapten Kav Hendra. Y. Welan, Selaku Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1312/Talaud.

"Tujuannya dari pembuatan Desa Pancasila ini, merupakan arahan dari Komando atas yakni, Program TNI AD untuk memboomingkan Pancasila. Keterkaitan dengan itu di Kabupaten Kepulauan Talaud yang memiliki 142 Desa, merupakan wilayah Kodim 1312/Talaud dan memilih Desa Miangas, Kecamatan Miangas sebagai Desa Pancasila Pertama," ungkap Pasi Ter Kodim 1312/Talaud.

Ditambahkan Perwira Kodim yang akrab dengan Wartawan ini. Desa Miangas  merupakan Perbatasan Kabupaten dan Perbatasan Negara. Tujuan dari pembuatan Desa Pancasila di Miangas adalah mencegah paham lain yang masuk selain pemahaman Pancasila.

"Selain itu kita juga akan mengkaderkan generasi muda untuk paham Pancasila yang sudah final, tidak ada yang lain, karena Pancasila merupakan dasar Negara, Idiologi, Wawasan Kebangsaan masyarakat di Perbatasan tidak akan terpengaruh dari paham lain," pungkasnya.

Kampung Pancasila Miangas ini digagas juga untuk membangun dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa. Nilai seperti gotong royong, kebersamaan, serta persatuan dengan menciptakan masyarakat yang saling tolong menolong, bersatu, peduli pada lingkungan sosial, dan menjaga kesehatan sesama masyarakat Perbatasan.

"Sudah beberapa Bulan lalu, Kegiatan pembuatan Desa Pancasila ini sudah dilaksanakan diseluruh Kabupaten Kepulauan Talaud, dengan melakukan sosialisasi  di Desa -Desa, dengan cara memberikan wawasan Kebangsaan atau TNI sahabat Pelajar,yang kita kemas lagi sebagai tahapan-tahapan Kodim 1312/Talaud untuk mempersiapkan Desa Pancasila sejak Bulan Februari lalu," tambah Kapten Welan.

Diuraikannya lagi, rencananya Kodim 1312/Talaud untuk Pencanangan Kampung Pancasila ini, Disaat Menkopolhukam akan berkunjung di Miangas dalam waktu dekat ini serta akan melibatkan instansi terkait dalam pembentukan Kampung Pancasila ini, Komsos kreatif dari satgas, pembuatan Pos Kamling Pancasila, Gapura Kampung Pancasila dam lainya yang berhubungan dengan Pancasila. Kita juga sudah membuat lomba Vlog khusus peserta dari Miangas yang bertemakan Pancasila.

Selaku Prajurit TNI AD, Pasi Ter Kodim 1312/Talaud berharap, Desa Pancasila Miangas,  untuk bisa menjadi contoh di Kabupaten Kepulauan Talaud, meskipun Desa Miangas berada di posisi paling terluar di Kabupaten Kepulauan Talaud, tetapi wawasan kebangsaan itu sudah tertanam dan memang sudah final di semua lini kehidupan masyarakat dari muda hingga tua, sampai selamanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar