Gempa 6,1 M Guncang Talaud, 1 Gereja di Pangeran dan 1 Rumah Warga di Panulan Rusak

KBRN,Talaud : Hari Sabtu, 22 Januari 2022 pukul 09.26.16 WIB wilayah Kabupaten Melonguane, Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,72° LU ; 126,78° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Selatan Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 66 km. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG BAMBANG SETIYO PRAYITNO, M.Si menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar ( _oblique thrust_ ).  

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Melonguane Talaud III - IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ). Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Desa Pangeran, Pulau Kabaruan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Kabid Kedaruratan BPBD Talaud menginfokan Pasca gempa yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud. Laporan yang masuk untuk sementara baru dari Kecamatan Kabaruan :

▪️Rusaknya/Pecah Kaca    depan Gereja "Kaca Patri" Jemaat Germita Ayalon Pangeran 

▪️Rusaknya Rumah bagian belakang/ Dapur Kel.M.Bawues- Manaida Desa Panulan Kec.Kabaruan.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar