' Mabaris' di Matahit Dibubarkan Polsek Beo

KBRN,Talaud : Pada Minggu (5/12/2021) sekitar Pukul 21.10 wita, Kapolsek Beo Iptu Daud Manoppo,SH perintahkan Kanit Samapta Aipda D. Pohohia bersama dengan lima orang personil polsek Beo mendatangi Desa matahit Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan tujuan untuk membubarkan Masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan baris bergaya.

Dikatakan Kapolsek Iptu Daud Manoppo bahwa setelah mendapat Laporan, Personil Polsek Langsung menuju ke Lokasi dan sesampainya di Desa Matahit dengan sendirinya  masyarakat langsung membubarkan diri karena sudah melihat aparat keamanan Polsek Beo dan juga kami melihat masyarakat yang melakukan acara tersebut tidak memakai masker. 

Maka selanjutnya Polsek Beo melakukan himbauan kepada masyarakat kiranya kegiatan baris bergaya tersebut jangan terulang lagi dikarenakan selain masih dalam situasi pandemi Covid 19 dan juga dari pemerintah belum memberikan ijin atau Surat Edaran. 

Dengan Himbauan tersebut  masyarakat bisa menerimanya dengan baik dan mendapat tanggapan positif.

 Diketahui bahwa Warga masyarakat di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara(berbatasan dengan Filipina) di momentum Hari Natal dan Tahun Baru selalu dirayakan dengan meriah, antara lain dengan menggelar tradisi turun temurun yang disebut “Mabaris .”Biasanya, acara Mabaris itu sudah dimulai saat awal bulan Desember dan mencapai puncaknya pada dua minggu antara tanggal 25 Desember hingga minggu sesudah tanggal 1 Januari tahun baru.

Secara harafiah Mabaris artinya Berbaris. Tapi bukan berbaris dalam format gerak defile dengan langkah tegap seperti tentara, melainkan berbaris sambil menari, berjoget mengikuti irama lagu. Karena itu mabaris lebih tepat diartikan sebagai “Dancing on the Street.” Gerakan tarian saat Mabaris umumnya dinamik, sedangkan pola gerakannya identik dengan tarian AMPATWAYER. Dengan irama gerak yang sama, para penari yang tampil berpasangan menari mengelilingi desa diiringi suara lagu dari soundsystem yang ditarik. Di depan barisan ada seorang yang memberi aba-aba.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar