Forkopimda Sulut Patroli Perbatasan di Talaud, ini rangkaiannya

KBRN, Talaud : Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara ( Forkopimda Sulut) menggelar Patroli Perbatasan Pulau Terluar di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (24/6/2021) .

Forkopimda Sulut bersama rombongan yang datang diantaranya Gubernur Sulut Olly Dondokambey,S.E.,  Ketua DPRD Sulut dr. Andi Silangen,Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Kajati Sulut, A.Dita Prawitaningsih.S.H.,M.H, Danguskamla Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H.,M.Si., Ka Bakamla ZMTh  Kolonel Bakamla Phundi Rusbandi, Ka Basarnas Manado, Suhri N.N. Sinaga, S.E.,M.M, Kepala BPBD Provinsi Sulut Djemy Gagola, Kabinda Sulut Brigjen TNI (P) Adriansyah, Danlantamal VIII Manado, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Atiwijaya. SE.CFrA, Ka BNN Sulut Brigjen Pol Drs. Victor Joubert Lasut,M.M., Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong, S.Pd, Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, M.M, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Agus Saepul,S.Sos.,M.M, Staf Ahli Gubernur Sulut Bidang Kemasyarakatan dan SDM, DR. Jetty Pulu, Para Staf dan ADC masing-masing Pejabat serta sejumlah awak media.

Menumpangi Pesawat Wings Air ATR 72 yang dicharter, rombongan ini tiba di Bandara Udara Melonguane sekira pukul 07.30 Wita. Mereka disambut Forkopimda Kabupaten. Patroli Perbatasan Pulau Terluar ini memiliki agenda beberapa agenda sepertiPeninjauan Vaksinasi di Desa Kakorotan, Tatap muka dengan Warga dan Penyaluran Bansos .

Dari Bandara Melonguane rombongan kemudian bergeser  ke Pelabuhan Umum Melonguane menaiki KRI Kakap ( 811) yang merupakan Kapal Patroli TNI AL menuju  Pulau Kakorotan Kecamatan Nanusa sekitar pukul 08.15 Wita. Diketahui, keberangkatan KRI Kakap berisi rombongan Forkopimda Provinsi Sulut ini diikuti KAL Pulau Karakelang yang terisi rombongan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Talaud , Kapal Polairud, Dua Sea Rider milik Lanal Melonguane dan 1 Seandainya Rider Milik Kodim 1312/Talaud

Pada Pukul 12.00 wita, rombongan tiba di Pelabuhan Dermaga Kakorotan dan disambut secara adat oleh Inanguwanua Nelson Tatuwo. Selanjutnya pada Pukul 12.15 wita, rombongan menuju Rumah Keluarga Tambiri - Majore untuk meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 kepada 200 orang yang menggunakan 20 vial Vaksin Astrazeneca.

Kemudian, sekitar Pukul 12. 30 wita berlokasi di Rumah Keluarga Pulu - Sono  dilaksanakan pertemuan dengan masyarakat Kakorotan. Dalam pertemuan tersebut Gubernur Sulut memberikan bantuan Beras sebanyak 26,2 ton untuk masyarakat di 9 desa yang berada di Kecamatan Nanusa dan Kecamatan Miangas, 5 lusin kursi plastik kepada Tokoh Adat Kakorotan dan Bantuan tunai Rp 25.000.000 untuk pembangunan Pastori Gereja Germita Batukarang Kakorotan.

" Pak Bupati tadi sudah sampaikan apa yang diinginkan masyarakat di Kakorotan ini. Pertama tentu memperbaiki jalan lingkarnya dan yang kedua persoalan listrik yang cuma enam jam, tapi memang seluruh pulau pulau di Sulawesi Utara, PLN masih membatasi enam jam. Nanti kita bicara lagi supaya lebih panjang jamnya, " ujar Orang Nomor Satu di Sulut ini

Gubernur Olly menambahkan jika ada permohonan bantuan untuk pembangunan Gereja atau Rumah Ibadah silahkan disampaikan kepada salah seorang Staf Ahli Gubernur  Yeti Pulu.

" Bilang jo pada Ibu Yeti. Nanti torang bawa.Ini 25 juta untuk pastori. Kalau kurang nanti torang tambah,” kata Gubernur Olly dalam dialek Manado yang kental.

Usai kegiatan di Kakorotan, rombongan bertolak kembali ke Melonguane sekira pukul 13.00 Wita dan tiba di Pelabuhan Umum Melonguane pada Pukul 16.47 Wita. Dari situ rombongan langsung menuju Bandara Melonguane untuk persiapan take-off ke Bandara Sam Ratulangi Manado dengan Pesawat yang ditumpangi sebelumnya. Pukul 17.30 wita, Rombongan Take Off menuju Bandar Udara Samrat Manado dalam keadaan aman dan kondusif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00