HVK Harap Pilhut di Minahasa Berjalan Aman dan Lancar

KBRN, Minahasa: Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di Kabupaten Minahasa segera digelar 31 Mei 2022 mendatang. Sebanyak 98 desa akan ikut dalam pesta demokrasi desa ini. 

Pelaksanaan pilhut serentak diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini dikhususkan kepada pihak penyelenggara. 

"Pilhut digelar akhir bulan, kami sangat berharap pelaksanaannya akan aman dan lancar," kata Wakil Ketua Komisi Satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Herold Freshly Kaawoan. 

Anggota DPRD Dapil Minahasa-Tomohon ini mengingatkan para panitia agar benar-benar bekerja secara baik, jujur, independen dan netral, serta bekerja profesional dan transparan. 

"Dinas PMD adalah mitra kerja kami, makanya kami terus berpesan, agar pelaksanaan pilhut dilaksanakan berdasarkan aturan. Kalau tidak, akan menimbulkan potensi kerawanan kamtibas," katanya. 

Dia juga mengingatkan, pejabat Hukum Tua dan panitia Pemilihan Hukum Tua bukan hanya bertanggung jawab atas tugasnya, tetapi juga kelangsungan pemerintahan dan desa, serta kepada Tuhan. 

"Jangan main-main dalam melaksanakan amanat undang-undang, apalagi curang dan tidak netral bisa berhadapan dengan hukum," tegas Kaawoan. 

Pihaknya selaku Komisi Satu DPRD Sulut terus mengajak semua lapisan masyarakat yang ikut melaksanakan pilhut, untuk menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah masing-masing. 

"Mari kita ciptakan pilhut damai, berpartisipasi dalam pelaksanaan menyalurkan hak suara pada pilhut yang akan digelar secara serentak," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar