Calon Hukum Tua di Minahasa Dilarang Kumpul Massa di Kediaman

KBRN, Tomohon: Tahapan pelaksanaan pemilihan Hukum Tua (kepala desa) di kabupaten Minahasa sementara berjalan. Larangan melakukan kumpul masa di kediaman calon diberlakukan.  

Hal ini kemudian menjadi atensi Pemerintah Kecamatan Kawangkoan Utara. 

"Kami terus melakukan monitoring di setiap kediaman calon. Sampai saat ini, sesuai pantauan tidak ada masa yang melakukan kumpul-kumpul di kediaman calon," kata Camat Kawangkoan Utara, Fabian Mendur. 

Dijelaskan Mendur, dalam setiap pelaksanaan Pilhut di wilayahnya, sudah menjadi kebiasaan sejak dulu tidak mengumpul masa di rumah calon.

Saat ini, dari 18 calon Hukum Tua yang ada di Kawangkoan Utara, tidak ada yang berpesta atau melakukan acara dengan kapastias sebagai calon. 

"Di sini memang unik. Bukan hanya dalam rangka menaati aturan dari panitia, namun sejak dulu memang tak pernah ada kumpul-kumpul masa di kediaman. Ini memang sudah menjadi tradisi masyarakatnya," terang Mendur. 

Meski begitu, pihaknya terus berpesan juga imbauan. Bukan hanya kepada calon tertentu, tetapi kepada seluruh lapisan masyarakat di desa penyelenggara pilhut, agar dapat menciptakan pilhut aman dan damai. 

"Diharapkan semua tokoh masyarakat, para tim sukses, pendukung, serta seluruh masyarakat untuk bersama menjaga keamanan selama penyelenggaraan pilhut. Mari kita budayakan pesta demokrasi desa yang aman, terlebih dengan telah dideklarasikannya pilhut damai oleh pemerintah kabupaten," tandasnya. 

Diketahui, terdapat 4 desa di Kecamatan Kawangkoan Utara. Desa tersebut meliputi Desa Kiawa Satu Utara, Kiawa Satu Barat, Kiawa Dua Barat, serta Desa Kiawa Dua Timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar