Lomba Kolintang dan Vokalia K2SI Sukses Digelar, Poppy Apresiasi Pemprov Sulut

KBRN, Manado : Lomba Kolintang dan Vokalia yang diinisiasi Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia ( K2SI ) bekerjasama dengan Pemprov Sulut dalam rangka memperingati HUT ke - 56 Provinsi Sulawesi Utara telah sukses digelar dan mendapatkan banyak apresiasi.

Ketua K2SI Febe Frida Enoch mengatakan, pelaksanaan lomba yang dibuka langsung Wakil Gubernur Sulut Steven Oktavianus Kandouw, Kamis (18/9/2020) pekan lalu ini sebagai wujud mengangkat dan melestarikan kebudayaan di Bumi Nyiur Melambai.

"  Salah satu kekayaan Sulut terdapat pada budaya karena budaya merupakan jati diri dan ciri khas Sulut sebagai bagian dari Indonesia Kegiatan ini adalah partisipasi K2SI bersama Pemprov Sulut, dalam rangka untuk memajukan budaya Sulut, dimana kolintang adalah induk kebudayaan Minahasa yang diakui UNESCO sebagai aset budaya dunia,” ujar Komisaris PT ( BSG ) Bersatu Sukses Grup, salah satu perusahaan yang bergerak di bisnis property ini.

Lanjut kata wanita cantik dan ramah asal  Maumbi, Tounsea yang akrab dipangil Poppy, dirinya bersama dengan semua yang tergabung dalam wadah organisasi keluarga Sulut di Kota Pahlawan, Surabaya menyampaikan terimakasih atas atensi dan sinergitas yang baik dari Pemprov Sulut serta pihak lain yang telah mendukung sehingga lomba bisa sukses dilaksanakan.

"   Meskipun kami sudah lama berdomisili di Surabaya. Tetapi kami tak melupakan berbagai tradisi atau warisan asal daerah, termasuk seni budaya musik kolintang. Budaya adalah jati diri kita yang tak boleh dilupakan apalagi diabaikan," tandas Poppy

Sebelumnya, Wagub Sulut secara khusus memberikan apresiasi kepada K2SI yang dengan intens memperhatikan dan mendukung pelestarian adat dan budaya Sulut.

“Orang harus tahu persis akar budayanya, Tanpa budaya sebuah daerah itu ibarat kapal tanpa kompas,” kata Kandouw

Terkait kepesertaan lomba, peserta lomba kolintang tingkat SD dan SMP berjumlah 12 peserta dan peserta umum 18 peserta, sedangkan untuk lomba vokalia sebanyak 40 peserta.

Selain peserta,  pembukaan lomba turut dihadiri Ketua Panitia HUT ke-56 Sulut yang juga Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Gammy Kawatu dan jajaran K2SI. ( Richard Kundiman).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00