Ronggolawe Nusantara Sulut Gelar Lomba Kicau Mania Perdana, Protokol Kesehatan Ketat Diberlakukan

KBRN, Manado : Ronggolawe Nusantara Provinsi Sulut kembali menggelar  Lomba Kicau Mania Perdana berbagai jenis burung  kicau di Manado, Minggu (20/9/2020).

Sedikitnya 300-an  peserta memamerkan kemerduan kicau burung peliharaannya.Adapun jenis burung yang ikut lomba dibagi menjadi dua kelas yakni kelas A dan B.

Sementara jenis burung kicau yang ikut berlomba yakni Pleci, Cucak Ijo, Kenari, Love Bird,  Kacer, Muray dan Kolibri.

Ketua Dewan Pembina Wilayah ( DPW ) Ronggolawe Sulut Richad Kundiman mengatakan organisasinya ini menjadi wadah atau  sarana untuk menkoordinasi hobby burung yang kini menjadi tren.

" Tidak hanya Fokus terhadap burung berkicau mulai dari pemeliharaannya, festival dan pengembangbiakan atau penangkaran burung-burung yang menjadi hobby masyarakat Indonesia. Lewat lomba burung kicau hari ini, kami berharap silahturahmi sesama kicau mania akan lebih erat lagi. Para pemenang lomba  akan mendapatkan trophy, piagam dan uang tunai jutaan rupiah," ujar Kundiman, di Tribun Lapangan Perkamil, samping Polsek Tikala sebagai lokasi pelaksanaan lomba

Terkait penilaian lomba, di tempat  sama, Wakil Koordinator  Juri Angga Wiria  Mega mengungkapkan ada empat tipe atau kategori penilaian.

" Karena ini iven burung berkicau, maka yang kita nilai  adalah kicauan burung. Ada empat  tipe penilaian yakni irama, durasi atau lama bunyi,  volume dan yang terakhir atau bonus adalah gaya saat burung berkicau," jelas Angga

Jefry Liputo salah seorang peserta mengatakan, selain menjadi suatu kegemaran, lomba yang dilaksanakan menjadi salah momentum menjalin dan mempererat keakraban sesama pencinta burung kicau.

"  Saya mengapresiasi pelaksanaan lomba yang digelar perdana dan  terpusat di satu lokasi. Hanya saja kami sempat mengalami kesulitan untuk menggantung sangkar burung, karena tempat menggantunggnya tinggi, sehingga kami harus menyusun kurang lebih empat kursi supaya kait sangkar bisa disangkutkan. Saya berharap lomba ini bisa kontinyu digelar," pungkas pria yang meraih juara dua burung kicau di kelas Cucak Ijo ini

Usai lomba, Kundiman menambahkan, dia bersama pengurus Ronggolawe lainnya akan menggelar evaluasi kegiatan, termasuk membenahi berbagai kekurangan yang ada agar kedepannya gelar hajatan serupa akan lebih baik lagi.

Terpantau RRI, animo dan antusiasme peserta lomba begitu tinggi, namun demikian penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid - 19 tetap secara ketat diberlakukan. Panitia pelaksana, juri dan para peserta wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak dan lain sebagainya.

Tak hanya peserta lomba, masyakat sekitar dan wilayah lainnya juga nampak antusias menyaksikan lomba. ( RT ).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00