Gita Bahana Nusantara 2022, Sulut Kirim Perwakilan 4 Orang Penyanyi Dan 1 Pemain Biola

KBRN, Manado : Lima Penyanyi asal Sulawesi Utara akan melaksanakan tugas kenegaraan bersama Gita Bahana Nusantara (GBN) Tahun 2022.

Kelima penyanyi Tersebut adalah Viola Pongajow (Paduan Suara) asal Kabupaten Minahasa, Virginia Pongkorung (Paduan Suara) asal Kota Manado, Vinsensius Rumondor (Paduan Suara) asal Kota Tomohon, Willie Loprang (Paduan Suara) asal Kota Manado dan Kevin Hansang pemain Biola (Orkestra) asal Kota Bitung.

Mereka telah mengikuti Latihan Daring pada tanggal 25 Juli – 2 Agustus 2022 dan Pemusatan Latihan Luring di Wisma Kinasih, Depok, 6-15 Agustus 2022.

Dalam 3 minggu, mereka telah menyiapkan 17 lagu untuk ditampilkan pada pagelaran musik di tanggal 16-18 Agustus 2022.

Dipastikan, 5 orang perwakilan Sulut akan bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih 17 Agustus 2022 di Istana Negara.

Selain itu, ada 3 orang dari mereka yang mendapatkan tugas tambahan khusus yaitu pada tanggal 16 Agustus 2022, Willie (Bass) bersama Tim Besar (75 orang) akan bertugas pada Sidang Tahunan MPR-RI, sedangkan 2 orang lainnya Viola (Sopran) dan Virginia (Alto) bersama Tim Kecil (30 orang) akan bertugas pada Peringatan Hari Konstitusi tanggal 18 Agustus 2022 di Museum Nasional Indonesia yang akan disiarkan secara langsung di semua stasiun televisi Nnasional.

Salah satu penyanyi Vinsensius mengatakan, ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Saya merasa sangat senang bisa melaksanakan tugas kenegaraan ini bersama tim Sulut yang sangat kompak.

Sementara, Viola Pongajow menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Sulut bersama Ketua KNPI Sulut yang telah banyak membantu persiapan keberangkatan kami.

Tahun ini total ada 199 peserta GBN yang terdiri dari 131 peserta paduan suara terpilih dari 34 provinsi se-Indonesia dan 68 peserta orkestra dari berbagai daerah.

Sejak dilaksanakannya Gita Bahana Nusantara pertama kalinya pada tahun 2003, baru tahun ini ada perwakilan Sulawesi Utara yang lulus seleksi Orkestra. Apalagi dari wilayah Indonesia Timur, hanya Sulawesi Utara yang berhasil lolos dalam audisi Orkestra GBN 2021-2022.

Ada pun kelima orang perwakilan Sulut ini telah diseleksi sejak tahun lalu, namun karena adanya pandemi Covid-19, mereka hanya bertugas secara virtual di rumah masing-masing.

Tahun ini, Kemdikbudristek mengambil kebijakan untuk memanggil kembali peserta tahun lalu tanpa audisi untuk melaksanakan tugas yang sama, namun secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar