Diseminasi Kepemimpinan Birokrasi Yang Melayani Bagi Birokrasi Pemerintah Kota Manado

KBRN,Manado: Wali Kota Manado menyampaikan materi dalam kegiatan Diseminasi Kepemimpinan Birokrasi Yang Melayani Bagi Birokrasi Pemerintah Kota Manado di Aula Serbaguna Pemerintah Kota, pada Senin (04/07/22).

Kegiatan ini dipandu oleh Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H dan Kepala BKD Kota Manado Bpk. Donal Supit S.H .

"Hari ini saya menyampaikan Diseminasi dalam kaitan dengan Leadership (Kepemimpinan)," kata Angouw saat memberikan materi pembekalan awal dalam rangka Diseminasi Kepemimpinan Birokrasi. Wali Kota menyampaikan secara umum konsep-konsep kepemimpinan baik untuk negara dan bangsa ini maupun daerah kita termasuk organisasi kita yakni Pemerintah Kota Manado.

Baginya, kepemimpinan diawali dari kepemimpinan dalam keluarga baik dia seorang laki-laki maupun perempuan. Wali Kota juga menyampaikan agar jajaran Birokrasi Pemerintahan di kota Manado dapat melihat model dan tipe maupun gaya kepemimpinan beliau sebagai Wali kota. Bagi Walikota hal ini penting supaya dalam melaksanakan program dan kegiatan akan seirama, sejalan dalam rangka melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Jadi Organisasi pemerintah ini bisa berjalan dengan baik kalau konsep kepemimpinan baik," kata Wali kota.

Pada pembekalan ini, Wali kota juga menjabarkan sila-sila Pancasila berdasarkan pidato Bung Karno dikaitkan dengan kehidupan sehari - hari yang kita hadapi dalam hidup bermasyarakat. "Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila yang kita terapkan dalam berbangsa dan bernegara serta kehidupan sosial kita sehari-hari," urai Wali Kota.

Wali kota menyimpulkan bahwa Pancasila itu kalau kita kompres menjadi Gotong Royong dan di Sulut kita kenal dengan Si Tou Timou Tumou Tou. Wali kota juga menjelaskan beberapa karakter kepemimpinan out of the box yang bisa diterapkan dalam menjalankan organisasi pemerintahan dan melaksanakan program-program pembangunan.

Selesai pembekalan dari wali kota langsung dilanjutkan dengan dialog tanyajawab. wali kota mempersilahkan kepada peserta diseminasi untuk menyampaikan beberapa pertanyaan jika ada yang penting dan perlu ditanyakan.

Hadir dalam acara Diseminasi ini para pejabat Pemerintah Kota Manado, mulai dari Asisten, Kepala SKPD, pejabat eselon lainnya, Camat dan Lurah se Kota Manado.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar