KPU Sulut Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

KBRN, Manado : Untuk mengetahui progres penyusunan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan oleh setiap KPU Kabupaten/Kota, KPU Sulut menggelar rapat koordinasi persiapan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Juni 2022 bersama KPU Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara secara daring di Ruang Rapat KPU Sulut, yang dibuka oleh Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh.

Dalam rakor yang juga dihadiri Komisioner beserta jajaran sekretariat bagian perencanaan, data dan informasi, Ketua KPU Sulut memberikan sambutan dan mengawali dengan mengucapkan semoga kita semua sehat waalfiat dan siap beraktifitas sepanjang hari ini.

"Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan terus kita lakukan sampai ada kebijakan KPU RI selanjutnya sejauh mana PDPB ini berjalan mengingat Tahapan Pemilu 2024 terkait Pemutakhiran Data Pemilih akan di mulai di Bulan Oktober 2022," lanjut Mewoh dalam sambutannya, selasa, (5/7/2022).

Pada kesempatan itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Yessy Momongan dalam arahannya menyampaikan bahwa tidak boleh mengambil posisi cari aman dengan kebijakan KPU Provinsi kepada KPU Kabupaten/Kota artinya jika ada perbedaan pikiran dan pendapat silahkan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, jangan ada yang mengambil posisi berlawanan dengan KPU Provinsi.

Selanjutnya, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Tinangon dalam arahannya menyampaikan bahwa tinggal beberapa bulan lagi tahapan pemilu 2024 pemutakhiran data pemilih dimulai agar menyiapkan diri tapi jangan juga hanya fokus akan tupoksi dari divisi data karena bulan ini akan di mulai tahapan pendaftaran verifikasi partai politik.

“Kalau DPB yang kita kerjakan bagus tentunya akan menunjang kerja-kerja pemutakhiran data pemilih di tahapan pemilu 2024," ucap Tinangon.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Lanny Ointu dalam arahannya menyampaikan bahwa sesuai Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Provinsi akan melaksanakan Rakor DPB Semester I Tahun 2022 bersama Stakeholder setiap 6 bulan.

“Kalau sudah mulai tahapan pemutakhiran data pemilih, jangan lupa untuk selalu melakukan sinkronisasi di aplikasi sidalih," Ujar Ointu.

Adapun peserta rapat yang mengikuti jalannya kegiatan secara daring via aplikasi Zoom Meeting yaitu Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi serta Operator Sidalih KPU Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar