Ketua Ipkolindo : Eksistensi Kolintang Berdampak Positif Bagi Masyarakat Indonesia

KBRN, Manado : RRI Manado menggelar Dialog Interaktif dengan tema 'Kolintang Warisan Budaya Indonesia Secara Internasional' dengan mengundang Ketua Ikatan Pelatih Kolintang Indonesia (Ipkolindo) sebagai narasumber pada Selasa, (5/7/2022).

Pada dialog tersebut, Ketua Ipkolindo Joudy Dj. Aray mengharapkan kontribusi dari semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah untuk terlibat didalam memajukan musik Kolintang ditanah air khususnya di daerah asal Kolintang Sulawesi Utara. Dia mengatakan Keterlibatan itu penting agar Kolintang benar-benar mendapatkan pengakuan di dunia internasional melalui lembaga UNESCO.

"Memang kita dalam satu proses upaya yang diusahakan oleh berbagai komponen, kita sangat berharap bahwa ini menjadi upaya bersama sehingga Gold ke UNESCO bisa cepat tercapai." ungkapnya.

Diapun menambahkan dalam peningkatan eksistensi Kolintang ada empat pilar yang memiliki peran penting dalam memajukan musik kolintang yaitu Pelatih, Pengrajin Pemain dan Pemerhati, namun perlu didukung dengan adanya kegiatan seperti pertunjukan atau festival.

Hal ini pun turut didukung oleh Ketua Sanggar Bapontar Kota Tomohon Doni Polakitan, melalui sambungan telpon dia menyampaikan agar kedepan event-event perlu ditingkatkan lagi, dan berharap RRI Manado juga dapat membuat event seperti yang mereka ikuti di tahun sebelumnya yang dibuat secara virtual oleh RRI Pusat.

"Mungkin kedepan tiap-tiap tahun dilaksanakan, dan RRI Manado juga bisa melaksanakan agar kita bisa mengangkat musik daerah," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar