Musda KBPP POLRI Sulut Siap Digelar Akhir November ini

KBRN, Manado : Musyawarah Daerah Keluarga Besar Putera-Puteri POLRI Sulawesi Utara  ( Musda KBPP Polri Sulut ) segera dilaksanakan Pada akhir  November  mendatang.

 Dari hasil rapat terakhir panitia dan pembina, Kamis (25/11/2021) kemarin, segenap pengurus daerah dan panitia musda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya dan musyawarah tersebut siap dilaksanakan. Diketahui, KBPP POLRI sebagai Organisasi yang aktif  sama seperti organisasi lainnya dimana menjelang Musda terjadi peningkatan dinamika dalam Organisasi. 

Menanggapi pemberitaan Media tentang desas desus ada intervensi/arahan Ketua Umum terhadap nama - nama bakal calon Ketua KBPP POLRI SULUT, Sekretaris KBPP Polri Sulut Fice   Montolalu menyatakan itu tidaklah benar. 

" Berkaitan dengan penyampaian saya sebagai Sekretaris Daerah dalam rapat persiapan Musda tentang hasil uji Kepatutan dan Kelayakan(Screning)oleh Pembina KBPP POLRI termasuk Tim Verivikasi, dimana ada dua nama yang berkembang dari 4 Kandidat bakal calon yang sodorkan dan yang memenuhi syarat sesuai dgn AD/ADRT KBPP POLRI Peraturan Organisasi," ujar Montolalu

" Dalam hal ini saya tidak pernah menyebutkan nama nama  tersebut dan  juga tidak pernah menyatakan bahwa Screning/uji kepatutan dan kelayakan di Intervensi  atau arahan  Pimpinan pusat dalam hal ini Ketua Umum, karena memang tidak pernah diarahkan, " tegasnya

Adapun Syarat untuk menjadi Ketua Daerah KBPP POLRI dijelaskannnya, selain mempunyai SK orang tua  sebagai Anggota Polri dan Pernah menjadi pengurus sebelumnya harus dilampirkan dan sudah ikut Kaderisasi yang dilaksakan oleh KBPP POLRI atau sejenisnya. Kemudian  yang bersangkutan juga harus  berdomisili di Ibu kota Propinsi.

Lebih jauh diuraikan, untuk tahapan Uji Kepatutan dan Kelayakan(screning) dilakukan oleh Pembina(Polda)dan itu berlaku untuk Seluruh KBPP POLRI yang ada di Indonesia, bila mencalonkan diri sebagai Ketua Daerah KBPP POLRI itu sudah berlaku dari sekarang sedangkan  Kepemimpinan Ketua Umum sekarang ini merupakan hasil Munas.

Mengingat pernah terjadi di beberapa daerah lain ternyata ada Ketua/Pengurus Inti KBPP POLRI yg bukan anak Polisi. Dan itu jadi bermasalah, maka salah satu syarat harus melalui screning  sebagai bahan pertimbangan dan itu bukan Hak kami Pimpinan Daerah atau Pimpinan Pusat dan tentunya tidak bertentangan dgn AD/ADRT, PO, positif.

" Ingat Organisasi kita ini di bentuk atas TR KAPOLRI,dan tidak terlepas dari Polri itu sendiri karena kita menyandang Nama Polri, jadi tak  bisa disamakan Organisasi kita ini dengan organisasi yang lain kita punya aturan sendiri dan tidak boleh berjalan sendiri senidiri.Dan saya  selaku Sekretaris Daerah harus menjalankan sesuai AD/ADRT. Mengingat tantangan Polri kedepan makin Komplex dan berat, " tandas Sekretaris KBPP Polri Sulut

Menurutnya,jika ada riak riak dari segelintir orang menjelang pelaksanaan  Musda itu adalah hal yang wajar dan biasa, karena namanya saja organisasi Keluarga.

" Tapi saya selaku Sekretaris senantiasa bekerja sesuai aturan yang ada. Saya dan Pimpinan Daerah lainnya termasuk Pimpinan Pusat Tidak pernah mediskriminasi anggota keluarga dalam KBPP POLRI , sebagai bakal calon Pimpinan Daerah Semuanya punya Hak yang sama Jika yang bersangkutan memenuhi syarat dan aturan yang berlaku. Sampai saat ini Musda sudah siap dilaksakan dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu Persiapan yang nanti akan digelar akhir November 2021 terutama buat panitia yang sudah bekerja dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab, " pungkasnya

Pada kesempatan tersebut, sebagai Sekretaris Daerah yang  sebentar lagi akan Demisioner, Montolalu menyatakan bahwa kendali KBPP POLRI SULUT  ada dalam kebijakan dan Kontrol Pimpinan Pusat dan dirinya akan tetap menjalankan tugas tugas  sesuai arahan dan petunjuk pimpinan pusat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar