Ini Cerita Warga Saat Jembatan Kosio Putus

jembatan Kosio Dumoga putus

KBRN, Bolmong:  Banjir bandang pada Sabtu( 25/7/2020)  pekan lalu, mengakibatkan putusnya jembatan di Desa Kosio Induk Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) , Sulawesi Utara (Sulut). Saat ini jembatan tersebut dibangung jembatan darurat oleh pihak Balai Pelaksana  Jalan Sulut.

Putusnya  bagian oprit jembatan  sepanjang kurang lebih 7 meter dikisahkan oleh warga  berada disekitara jembatan saat kejadian.  

 Fentje Lombogia warga setempat yang menjadi  saksi mata  detik-detik putusnya jembatan menjelaskan jembatan putus berawal dari air yang meluap di Sungai Sungai Ongkag di Dumoga sekitar pukul 05.00 Wita.

“Puncaknya jam  enam pagi , arus air mulai naik dan menggerus  bronjong penahan tiang jembatan dan kami lihat aspalnya jembatan terjatuh kebawah dan jembatan putus,” kata Fentje, Senin( 27/7/2020).

Beruntung saat kejadian kendaraan seperti mobil sepeda motor sudah melintasi jembatan tersebut.

Ibu Yeti saksi mata lainnya yang kebetulan rumahnyan berdekatan dengan jembatan menuturkan air yang meluap saat kejadian tidak seperti waktu sebelumnya .

Jembatan yang menghubungkan ini   berawal dari hanyutnya bronjong dibawa arus

“Pertama kali Air (banjir)  datang tiba-tiba dia seperti menyerang,”ungkapnya Yeti.

Dia bahkan menyuruh keluarga dan warga lainyya segera menjauh dari sungai tersebut. Beruntung saat itu tidak ada korban jiwa atau warga yang hanyut.

Sekitar dua unit rumah yang berada di bantaran sungai di dekat jembatan ikut hanyut dibawa banjir bandang.

CapDanrem 131 Santiago Mayjen TNI Prince Meyer Putong saat meninjau  jembatan putus

Danrem 131 Santiago Mayjen TNI Prince Meyer Putong saat meninjau  jembatan yang menjadi akses  Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)  dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berharap jembatan darurat selesai dalam waktu yang tidak lama.

“Diusahakan tiga hari jembatan darurat ini sudah selesai  sehingga bisa dilewati walaupun belum bisa digunakan sepenuhnya namun sudah ada jembatan baley yang menjadi akses ke daerah lain,”ungkap  Danrem.

Pembangunan jembatan darurat menggunakan rangka baja dari pemantauan RRI.CO.ID sementara dikerjakan pihak BPJN  yang bantu langsung aparat  TNI dan Polri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00