Bupati Boltim Serahka SK Guru Kontrak, Operator Sekolah dan PPPK

KBRN, Boltim: Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang penetapan tenaga kependidikan, guru dan operator sekolah jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022. 

Penyerahan SK pengangkatan kepada 523 guru kontrak, operator sekolah dan 23 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap dua ini, diserahkan secara resmi oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos., M.Si., di Aula Kantor Bupati, Selasa (17/5/2022). 

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Boltim saat ini terus bersemangat untuk melaksanakan pengembangan dan pembangunan di sektor pendidikan yang dipayungi oleh peraturan daerah Kabupaten Boltim nomor 09 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pendidikan. 

“Diamanatkan dalam peraturan daerah bahwa, pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta kepribadian yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya. 

Dituturkan Bupati,  guru dan operator serta tenaga kependidikan disatuan pendidikan merupakan komponen penting dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan guru yang berkualitas dan profesional dalam mendidik ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, serta diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk membangun karakter positif yang sesuai dengan kepribadian masing-masing. 

“Dengan adanya surat keputusan Bupati, merupakan pengakuan pemerintah kabupaten terhadap eksitensi peran guru, operator di sekolah dan tenaga kependidikan,” terang Mamonto. 

Bupati Sachrul mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Boltim masih mengalami kekurangan guru, baik guru kelas maupun guru bidang studi, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut pengangkatan tenaga guru, operator sekolah dan tenaga kependidikan disatuan pendidikan TK, SD dan SMP mutlak harus dilakukan. 

“Pengangkatan guru, operator sekolah dan tenaga kependidikan merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten untuk mengatasi kekurangan tenaga guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), sekaligus untuk memenuhi peningkatan sumber daya manusia dibidang pendidikan,” Kata Bupati. 

Ia pun berharap, para guru, operator dan tenaga kependidikan dapat terus megabdikan diri dan memberikan pelayanan yang maksimal serta terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim, agar tugas dan tanggung jawab mereka sebagai tenaga pendidik dan kependidikan dapat berjalan baik dan lancar. 

”Hendaknya selalu disiplin, profesional serta loyalitas dan totalitas dalam menjalankan tugas. Baik itu dalam mengabdikan dirikepada negara, daerah maupun melayani masyarakat, demi suksesnya pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar