Ayo Bangkit Bersama, Jajaran KODIM 1310 Bitung Gelar Upacara Harkitnas 2022

KBRN, Bitung : Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114, Kodim 1310/Bitung  menggelar upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan upacara Makodim 1310/Bitung, Jl. Babe Palar Kel. Madidir Unet Kec. Madidir Kota Bitung, Jumat (20/5/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodim 1310/Bitung Mayor Inf Hardi Gue, Komandan upacara (Danup) dijabat Pasipers Kapten Inf Djohn Datangmanis sedangkan Perwira upacara (Paup) Plh. Pasiter Letda Inf Jouri Tumembow.

Pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, yang dihadiri prajurit dan PNS Kodim 1310/Bitung tersebut, Inspektur upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate yang diantaranya mengatakan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini merupakan bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda selama dua tahun terakhir.

“Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” kata Irup.

Lanjutnya, Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak kita semua untuk menelaah sisi historis di balik hari Kebangkitan nasional yaitu pada pada tanggal 20 Mei 1948 dimana pada saat itu Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

"Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain," pungkasnya.

Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo memelopori terciptanya organisasi pergerakan dimasa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

"Ditengah momentum penanganan Covid-19 yang semakin membaik ini, Menteri Komunikasi dan Informatika melalui sambutan menegaskan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional dijadikan tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia," ucap Kasdim 1310/Bitung mengakhiri amanat.

Kegiatan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 juga dilaksanakan personel Kodim 1310/Bitung di wilayah Kabupaten Minahasa Utara, tepatnya di Lapangan Upacara Kantor Bupati Minahasa Utara.

(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar