Bea Cukai Sulbagtara Gelar Kelas Export- Impor Bagi UMKM

KBRN, Manado: Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai  Sulawesi Bagian Utara menggelar Kelas Ekspor -Impor bagi 200  wiraswasta  UMKM yanga ada di Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Gorontalo, di Balai Diklat Keuangan Manado.

Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara  Erwin Situmorang menjelaskan  Kelas Expor Impor yang perdana ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari proses bisnisnya para pengusaha  khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah- atau umkm.

Dikatakan sinergitas semua stekholder terkait sangat penting  terlibat dalam  kelas ini karena  yaitu secara bersama-sama memberikan  edukasi bagi masyakrakat terutama pelaku  UMKM.

“Teman-teman kita di Goverment lain, ada BKIPM  , Kehutanan, Perikanan, ada Pertanian semua terlibat dalam proses ini. Kita secara bersama-sama mengedukasi masyakat di sini terutama UMKM kita,”terang Erwin Situmorang kepada wartawan seusai memberikan materi secara virtual kepada pihak UMKM.

Peran Badan Diklat Keuangan juga sangat penting karena sudah memahami cara mengedukasi , sehingga kolaborasi semua stekholder terkait sangat penting dalam kelas export import yang digagas Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

“Tujuan kita bisa membuka  pengetahuan kepada  masyarakat kita. Karena intinya kita memberikan informasi sehingga mereka akan paham  sehingga mereka tidak dibohongi dan dibodohi,”tandasnya.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Manado Muhlim  mendukung penuh kegiatan yang digelar Beacukai Sulbagtara dan Badan DIklat Keuangan  karen menjadi kesempatan yang berharga untuk memberika edukasi kepada pelaku usaha baik UMKM maupun masyarakat luas terkait cara melakukan export yang benar.

“banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan export, termasuk di BKIPM mengeluarkan Healt Sertifikat yang harus ditindaklanjuti di Kanwil Beacukai,”ungkapnya.

Seperti diketahui sekitara 200  pelaku UMKM akan mengikuti kelas secara online dalam 17 kali pertemuan yang akan berlangsung hingga Oktober 2022

Hadir dalam kesampatan tersebut selain dari pihak Bea Cukai Sulbagtara dan BKIPM Manado , juga dari Badan Diklat Keuangan Manado, Balai POM Manado, Dinas Kelautan Sulut  dan DInas Pertanian dan Peternakan Sulut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar