Selama Pekan Ini, Harga Barito Sulut Normal

KBRN, Manado : Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara, Roni Erungan menjelaskan, komoditi enis Bawang, Rica (Cabai), dan Tomat (Barito) di Sulut dalam keadaan nornal. Khusus untuk harga Rica sebelumnya anjlok, sekarang dijual di pedagang di harga empat puluhan ribu rupiah perkilogram atau kondisi harga normal.

Dijelaskan sebabnya anjlok pada akhir bulan Agustus lalu, sekarang harga menjadi biasa lagi "Sebelumnya harga anjlok dikeluhkan petani rica ke pemerintah sulut untuk bisa harganya dinaikkan, karena sebelumnya rica dengan jarga jual empat belas hingga lima belas ribu rupiah perkilogram berpengaruh pada kerugian petani rica. Anjloknya harga, karena permintaan rica waktu sebelumnya di Sulut juga masih mengandalkan dari luar daerah seperti dari makassar, pemintaan pemberhentian dari makassar ini di keluhkan petani lokal," jelasnya, Selasa (28/9/2021).

Ditambahkan, saat ini di Sulut terjadi cuaca hujan secara berturut-turut setiap harinya, sehingga kondisi cuaca akan mempengaruhi kualitas dan jumlah panen petani pada pekan ini, harga pun bisa naik. Mendekati akhir tahun, harga barito juga diprediksi akan terjadi kenaikkan, karena Sulut masuk bulan basah atau musim penghujan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00