Pengawasan Konten Siaran, KPID Sulut Gelar Literasi Media di Talaud

KBRN, Talaud : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID Sulut) menggelar Literasi Media tentang Pengawasan Konten Siaran Untuk Generasi Muda/ Pelajaran yang dipusatkan di Aula SMKN 1 Talaud, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Talaud Dr. Sri Ratna Pasiak, M.Pd , Wakil Ketua KPID Sulut Boyke D. Sondakh, SE dan Korbid  Bidang Kelembagaan KPID Sulut Pengasihan S. Amisan, S.IP bersama dua komisioner lainnya yakni  Merlin Watulangkouw, SH dan Meilani Rauw, SE dan Kepsek SMKN 1 Talaud Jonson Talumedun, S.Pd, M.Pd

Sambutan pertama dibawakan Kacabdikda Sulut di Talaud yang sangat mengapresiasi digelarnya giat literasi media oleh KPID Sulut. Menurutnya literasi media juga dapat membantu membangun karakter siswa sebagai kaum milenial yang hidup di era kecanggihan teknologi informasi untuk tidak terjerumus pada hal hal negatif terutama terkait konten siaran pada berbagai media.

Selanjutnya, sambutan  pengantar giat dibawakan Korbid Kelembagaan KPID Sulut. Amisan sedikit memperkenalkan maksud pelaksanaan kegiatan, kelembagaan dan fungsi serta kewenangan dari KPID Sulut sebagaimana yang diamanatkan undang undang.

Kemudian untuk sambutan ketiga dibawakan Wakil Ketua KPID Sulut Boyke D.Sondakh  mewakili Ketua KPID Sulut Reidy Sumual, S.Sos sekaligus membuka kegiatan Literasi media yang dilaksanakan.

Selain narsum dari kalangan Internal , KPID Sulut juga menghadirkan Pdt. Dr. Arnold Abbas, M.Theol selaku Ketua Sinode GERMITA sebagai Narasumber didampingi Staf Khusus Bupati Talaud Swellem Adam, S.IP

Dalam materinya, narasumber menekankan pentingnya generasi muda untuk bisa terlibat dalam melakukan pengawasan terhadap media terutama isi siaran agar berita yang disampaikan kepada publik dapat memberikan siaran yang sehat, yang mendidik dan mencerdaskan masyarakat.

Selain itu, komisioner bidang kelembagaan dalam hal ini Koordinator Bidang Kelembagaan Pengasihan Amisan, S.IP dan Komisioner Merlyn Watulangkow, SH yang memberikan pemahaman tentang tugas dan wewenang KPI sebagai Lembaga Independen.

Meilany Rauw, SE selaku Komisioner juga memberikan tambahan tentang bagaimana generasi muda khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Talaud dapat melaporkan kepada KPID melalui lapor KPID dengan nomor telepon 071143704555 dan semua informasi sosial media yang telah disediakan sebagai sarana pengaduan bagi masyarakat.

Harapannya, bahwa dengan diadakannya kegiatan Literasi Media ini semakin menambah wawasan generasi muda dan bisa bersama-sama melakukan pengawasan konten siaran yang ada.

Staf khusus Bupati Swellem Adam juga ambil bagian memberikan wejangan kepada para peserta kegiatan yang terdiri dari para peserta didik satuan Pendidikan menengah agar dapat bijak dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Tak lupa pula Ia memberikan motivasi kepada para kaum milenial ini untuk dapat menjadi generasi emas dan menggapai cita cita.

Terpantau, para siswa/i begitu proaktif mengikuti jalannya kegiatan terutama saat sesi tanya jawab dengan para narasumber yang dimoderatori Kepala SMKN 1 Talaud Jonson Talumedun, S.Pd, M.Pd terkait berbagai hal yang berhubungan dengan konten siaran, manfaat, dampak, aturan dan lain sebagainya.

Usai kegiatan, semua peserta menerima Sertifikat dari KPID Sulut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00