Desa Kuwil di Tetapkan Sebagai Wanua Sadar Coblos

KBRN, Minut - Masih dalam rangka Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019, komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Minahasa Utara ( Minut) mengelar pencanangan Wanua sadar coblos yang dipusatkan di desa Kuwil kecamatan kalawat, Kamis (4/4/2019).

Atraksi Tarian Kambasaran dan Maengket menjadi daya tarik tersendiri saat gerak dan musik serta lagu mewarnai pencanangan wanua sadar coblos di desa Kuwil yang juga dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah setempat.

Komisioner KPU Minut Divisi SDM dan Humas Hendra Lumanauw menyebutkan sisi sentuhan paling kuat dalam menyampaikan pesan pemilu adapada adat istiadat dan budaya.

"Desa Kuwil masih sangat kental dengan budaya leluhur yang hingga saat ini masih dilestarikan penampian kambasaran bukti sikap masyarakat yang siap menjaga daerah apapun akibatnya nah dari sisi inilah terkandung sentuhan yang kuat untuk mengajak warga agar mengerti pentingnya menggunakan hak suara pada pemilu tahun ini ," jelas Lumanauw.

Bagi Lumanauw keterlibatan partisipan pemilu didalamnya ada masyarakat wanua Kuwil akan bisa tercapai jika semua stakeholder saling melengkapi termasuk sosialisasi hingga ke daerah pedalaman ataupun kepulauan.

“Semoga saja capaian target nasional bisa ada di angka 77,5 % untuk partisipasi pemilih, harapan kami serta ajakan buat semua yang memiliki hak suara jangan Golput gunakan pemilu ini dengan baik datang ke TPS saat pencoblosan 17 april 2019 salurkan hak suara kita guna memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan ," harap Lumanauw.

Terkait desa Kuwil yang Menjadi wilayah percontohan Ketua KPU Minut Stella Runtu mengapresiasi hal tersebut dengan harapan capaian serta tingkat kesadaran masyarakat saat pesta demokrasi akan maksimal.

“ini jadi hal membanggakan desa kuwil jadi wanua sadar coblos ini juga sarana membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu, ini adalah bentuk penghargaan untuk Desa kuwil mudah mudahan tingkat partisipan bisa lebih dari target nasional," jelas Runtu.

Dalam pencanangan Wanua Sadar Coblos tingkat kabupaten minut yang juga dihadiri Sekretaris Badan Kesbangpol Steven Golioth SH mewakili pemkab bersama komisioner KPU Minut Stella Runtu, Hendra Lumanauw SH, Dikson Lahope, Darul Halim dan Robby Manoppo, serta Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy,  Wakapolres Minut Kompol Revly Kaunang, mewakili Kajari Kasi Intel Kejari Minut Ekaputra S F Polimpung, dan Mayor Infantri Pusung dari Kodim 1310 Bitung-Minut dan Camat Kalawat Johan Wewengkang Mkes berkesempatan melepas balon ke udara.(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00