Tergusur Jalan Tol, Dishub Minut Sosialisasi Rencana Pengadaan Lahan Kantor

KBRN, Minut : Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialisasi pengadaan lahan untuk pembangunan kantor Dinas Perhubungan Senin (4/3/2019) di Kelurahan Airmadidi Atas Lingkungan VI Kecamatan Airmadidi samping kiri hutan kenangan.

Menurut rencana, lahan ini akan digunakan untuk pembangunan kantor Dinas Perhubungan  yang baru karena lahan kantor yang lama akan digunakan untuk pembangunan pintu jalan TOL Manado-Minut-Bitung.

Terkait hal ini, Kadis Perhubungan Drs Aldrin Posumah MSi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut melalui Dinas Perhubungan berencana akan membeli lahan seluas 11.800 dari Adrian Dondokambey warga Kelurahan Tugu Utara Jakarta Utara. Untuk itu, sesuai aturan, sebelumnya harus diadakan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu dalam bentuk pengumuman yang akan ditempel di kantor Lurah Airmadidi Atas dan Kantor Camat Airmadidi.

“Sosialisasi ini penting dilakukan sebagai bagian dari pemenuhan undang-undang, dimana, setelah sosialisasi ini diberikan kesempatan kepada warga masyarakat apabila ada keberatan silahkan mengajukannya secara tertulis ke kantor Lurah Airmadidi Atas, Kantor Camat Airmadidi atau di Kantor Dinas Perhubungan jalan Worang Bypass. Pengajuan keberatan dapat diajukan selambat-lambatnya 7 hari kerja sejak pengumuman dan sosialisasi diadakan. Silahkan lihat pengumumannya di kantor Lurah Airmadidi Atas dan kantor Camat Airmadidi,” terang Posumah.

Lanjut dikatakan dalam sosialisasi ini pihaknya sengaja melibatkan TP4D dari Kejaksaan Minut agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembebasan lahan ini.

“Pihak Kejaksaan Minut yang merupakan TP4D sengaja diundang untuk mendampingi kami dalam proses sosialisasi sehingga bisa berjalan sesuai dengan tahapan,” tambah Posumah.

Menurut informasi yang didapat, plafon pembebasan lahan ini diperkirakan sebesar 4.8 miliar, namun hal ini tentunya akan menunggu keputusan tim aprasial yang akan menentukan harga dengan pihak pemilik lahan Adrian dondokambey selaku penjual.

“Diperkirakan plafon anggaran yang disediakan sekitar 4.8 miliar, namun demikian hal ini harus menunggu penetapan dari tim aprasial,” ujar Robert Mandagie selaku PPK.

Terpisah anggota TP4K Christian Singal dari Kejari Minut mengaku mengapresiasi langkah sosialisasi yang ditempuh oleh Dinas Perhubungan.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Dishub Minut yang sudah menggelar tahapan sosialisasi ini dengan melibatkan semua pihak terkait termasuk Kejari Minut. Tahapan sosialisasi ini akan berlangsung 7 hari, apabila tidak ada yang keberatan dapat dilanjutkan ke tahapan penilaian dari aprasial, kemudian dapat dilakukan pembayaran ke pihak penjual. Hal ini mutlak dilakukan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 148 Tahun 2015 perubahan ke-4  Perpres Nomor 71 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum,” jelas Singal.

Sedangkan Camat Airmadidi Alexander Warbung SIP yang ikut hadir berharap dengan sosialisasi ini kiranya warga dapat menerima informasi yang benar dan proaktif dalam membantu pemerintah terkait rencana pembebasan lahan untuk pembangunan kantor Dinas Perhubungan ini.

“Kami mohon bantuan warga, sekiranya ada keberatan, silahkan diajukan kepada pemerintah Kelurahan Airmadidi atas ataupun ke Kecamatan Airmadidi. Keberatan diajukan secara tertulis dengan mencantumkan identitas jelas dan bukti yang cukup,” tukas Warbung didampingi Lurah Airmadidi atas Altje Kamuh.

Hadir dalam sosialisasi Kadis Perhubungan Minut Drs Aldrin Posumah MSi, Sekretaris Dinas Perhubungan Maxi Pinontoan, Camat Airmadidi Alexander Warbung SIP, Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Kejari Minut (TP4D) Christian Singal SH, Lurah Airmadidi Atas Altje Kamuh, pemilik lahan Adrian Dondokambey serta seluruh perangkat kelurahan Airmadidi Atas.(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00