Sat Res Narkoba Polres Minut Ungkap Perkara Kepemilikan Dan Penyalahgunaan Narkotika Golongan 1 Jenis Shabu

KBRN, Minut - Polres Minahasa Utara (Minut) melalui Sat Res Narkoba Polres Minut, berhasil mengungkap kasus Narkotika Golongan 1 jenis Shabu Lintas Kabupaten Kota.

Diketahui pada tanggal 16 September 2021 Sat Res Narkoba mengamankan Lelaki Vic alias VRT dan Enri alias EK yang terbukti melakukan transaksi barang haram Narkoba.

Hal ini dibenarkan Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo SIK melalui Kasat Narkoba Minut IPTU Manuel Joli Bansaga SH, saat Confrensi Pers di Ruang Serba Guna Polres Minut, Senin (27/9/2021).

Dijelaskan Bansaga, Modus operandi kepemilikan dan penyalahgunaan Narkotika Golongan 1 Jenis Shabu sebanyak 1 (satu) Paket Kecil yang di duga dilakukan oleh lelaki VRT, dimana paket Shabu tersebut diperoleh dari lelaki EK di kota manado, dengan cara lelaki VRT memberikan uang kepada lelaki EK sebanyak Rp.900.000 (Sembilan ratus ribu rupiah).

Barang Bukti Perkara Narkotika Golongan 1 Jenis Shabu yang diamankan Sat Res Narkoba Minut (27/9)

" Uang itu untuk pembayaran 1 paket kecil Shabu.selanjutnya EK mentransfer uang tersebut kepada seseorang (Mr.X) yang diduga merupakan Narapidana di Lapas. Kemudian Mr X dari Lapas ini mengirim lokasi pengambilan Paket melalui Sharelock via WhatsApp. Lalu EK mengambil Paket Shabu tersebut dan menyerahkan langsung kepada lelaki VRT di rumah lelaki VRT. saat ini kami juga sementara melakukan pengembangan terkait dugaan peran MR.X ini. Kamipun sudah menyurat ke BNP Sulut untuk dilakukan Asesmen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ini masuk jaringan nasional atau internasional, juga ada Tim medis untuk mengetahui sejauh mana tingkat ketergantungan pengguna ini, apakah hanya coba coba atau memang sudah ketergantungan dan dari asesmen ini juga nanti bisa terjawab apakah yang bersangkutan (Pengguna) akan menjalani masa pidana atau Rehabilitasi, " Urai Bansaga.

Dalam penyelidikan kasus Narkotika Golongan 1 Jenis Shabu ini, ternyata transaksi serupa sudah dilakukan sebanyak 4 kali.

"Jadi Kronoligisnya 16 september 2021 kami menerima informasi bahwa lelaki VRT yang bekerja di perusahaan ikan CV. KJP, memiliki dan menguasai Narkoba jenis shabu.Tim Res Narkoba langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka yang saat itu berada di Dealer Honda Kauditan dan menemukan 1 paket kecil Jenis Shabu yang di simpan VRT di Saku jaket sebelah kiri," Ungkapnya.

Sementara itu Enri alias EK langsung di amankan Tim Res Narkoba Minut usai mendapat keterangan dari VRT.

" Berdasarkan keterangan VRT, kami langsung menuju manado dan berhasil mengamankan EK pada hari Jumat pukul 02.00 dini hari di Teling atas kota Manado. Dan EK bersama VRT langsung kami bawah ke Mapolresta Minut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," Tegas Kasat Narkoba.

Saat di Wawancarai Vic alias VRT mengakui adanya transaksi tersebut.

" saya mendapat Shabu ini dari EK dan saya membayar Rp.900.000 untuk paket ini dari Mr.X ," Ucap VK.

Dari hasil penyelidikan Sat Res Narkoba Polres Minut mengamankan barang bukti dari VRT berupa :

- 1 Paket Kecil Narkoba Jenis Shabu

- 1 Buah Jaket Jenis Jins

- 1 Buah Pipet Kaca

- 1 Buah Handphone Redmi warna Biru.

Barang bukti yang diamankan dari EK

- 1 Buah Pipet Kaca.

Adapun pasal yang disangkakan Pasal 112 ayat (1) Sub Pasal 127 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman Pidana Paling Singkat 4 Tahun dan Paling lama 12 Tahun dan Pidana Denda paling sedikit Rp. 8 M.

Guna penyelidikan lebih lanjut, kedua terduga pelaku Pengedar dan Penguna Shabu VRT dan EK saat ini sudah ditahan di Rutan Mapolresta Minut.

(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00