Minut Hebat : Legenda Tumatenden "Teteeleew" Masuk Nominasi Piala Gatra Kencana TVRI 2021 Kategori Pesona Indonesia

KBRN, Minut - Ajang bergengsi Piala Gatra Kencana TVRI Tahun 2021 yang rencananya Final akan di gelar 27 Oktober 2021 di Bali, menjadi salah satu kadow terindah bagi Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pasalnya, berdasarkan hasil penilaian babak kualifikasi lomba Produksi "yang terbaik" Piala Gatra Kencana TVRI Tahun 2021, telah ditetapkan 3 Nominasi setiap bulan. Dan Minut dengan Kategori Pesona Indonesia dengan Judul " Teteeleew" Produksi TVRI Sulawesi Utara yang merupakan hasil kreatifitas duta duta Budaya asal Minut yang tergabung dalam Duta Rera Taretumou dan Duta Wikoki Teloiki.

Hasil Produksi TVRI Sulut ini akan bersaing dan memperebutkan Piala Gatra Kencana kategori Pesona indonesia dengan dua daerah lainnya yakni Produksi TVRI Kalimantan Timur dan TVRI Lampung.

Atraksi Musik Bia Duta Rera Taretumou

Hebatnya lagi, lokasi Shooting Kategori Pesona Indonesia ini mengambil lokasi di sejumlah Destinasi Hebat Milik Minahasa Utara yakni Di Pantai Makalisung Kema, Air Terjun Tunan, Pantai Bahoi, Mangrove Bahoi, Bukit Pulisan, Pantai Pal Likupang dan Bukit Waleposan Lembean.

Tarian Maengket Di Puncak Bukit Pulisan

Duta Budaya dibawah naungan Dewan Kesenian Minut ini, menjalani shooting dengan menampilkan Seni Budaya Musik Kolintang, Musik Bia dan Tarian Tradisional yakni Tarian Tumatenden, Tarian Maengket, Tarian Katrili, dan Tarian Kabasaran.

Kisah "Teteeleew" atau dalam bahasa Tonsea artinya "Sayap" merupakan Legenda Tumatenden. kisah seorang putri cantik yang kehilangan selendangnya/Sayap dan terus melakukan pencarian hingga ke sejumlah tempat di Bumi Tonsea. Sang Aktris mencari selendangnya hingga ke dalam laut sambil menari dan berharap sayapnya bisa ditemukan.

Shooting Tarian Katrili

Atas prestasi tiga besar Nominasi Piala Gatra Kencana TVRI 2021 Kategori Pesona Indonesia ini, Bupati Minut Joune Ganda SE memberikan Support dan Apresiasi.

" Luar biasa anak anak kita bisa masuk Final lewat kreatifitas budaya daerah. Atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyatakan dukungan dan apresiasi atas prestasi ini. Duta duta budaya ini juga mampu mempromosikan budaya daerah Minut lewat ajang bergengsi tingkat Nasional ini apalagi Minut yakni Likupang masuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)," Ucap Bupati Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda SE saat menyaksikan produksi Legenda Tumatenden yang di siarkan secara Nasional oleh TVRI

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Minut Jean Waturandang menyebutkan rencananya Bupati Joune Ganda akan menerima langsung penghargaan tersebut.

" Rencananya Final Gatra Kencana TVRI 2021 kategori Pesona Indonesia akan dilaksanakan di Bali dan rencananya penghargaan tersebut akan diterima langsung oleh Bupati. Kami sangat berterimakasih kepada Bupati Dan Wakil Bupati Minut yang sangat mensupport talenta Duta Budaya Minut, kami di beri ruang untuk menyalurkan Hobby dan kepedulian terhadap Budaya Daerah termasuk mendukung program pemerintah dalam kemajuan kebudayaan di KEK Pariwisata. Rencananya Tim Film Pesona Indonesia Minahasa Utara juga akan menghadiri malam final di Bali tersebut," Ucap Waturandang yang juga sebagai Tim Pembuatan Produksi Shooting Film "Teteeleew".

Sebelumnya hasil Film Teteeleew diproduksi pada Bulan Juni sampai Juli 2021 dan sudah di siarkan secara Nasional di TVRI pada 21 Juli 2021 dan di disaksikan oleh jajaran Pemerintah Minahasa Utara dalam Nonton bareng.

(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00