Manfaat Dana Desa : Pemdes Watutumow II Optimalkan Pelayanan Posyandu

KBRN, Minut - Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa .

Seperti yang terpantau di desa Watutumow II kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), selasa (11/5/2021), Pemerintah desa mengelar kegiatan di bidang pembangunan kesehatan masyarakat desa yakni kegiatan posyandu.

Pada kegiatan posyandu di Poskesdes tersebut , dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan makanan tambahan bagi ibu hamil/menyusui, bayi, dan balita.

"Disamping posyandu , dana desa juga digunakan untuk pencegahan stunting.yakni melalui kegiatan pendataan, pemeriksaan/penanganan, pemberian obat, serta pemberian makanan bergizi bagi bagi anak yang mengalami stunting, bekerjasama dengan puskesmas dan memberdayakan tenaga atau kader Posyandu di desa," Ucap Hukum Tua Desa Watutumow II Defli Bawanda kepada KBRN.

Selain kegiatan diatas, dana desa juga menurut Bawanda digunakan untuk posyandu Lansia, yakni pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, gulah darah, kolesterol, dan asam urat, kemudian diberikan obat sesuai hasil pemeriksaan.

" Dana desa juga digunakan untuk kegiatan kelas ibu hamil, yakni kontrol kesehatan kandungan/janin, dan senam ibu hamil. Yang terakhir dana desa dibelanjakan untuk peralatan yg menunjang kegiatan semua jenis posyandu didesa, serta membayar insentif dari para kader kesehatan/posyandu yang ada didesa," jelas Bawanda sambil menambahkan dengan giat posyandu ini diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan cegah Covid secara ketat.

(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00