Ratusan Alat Peraga Kampanye di Kota Pasuruan Ditertibkan

KBRN, Pasuruan: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama tim Gabungan di Kota Pasuruan menertibkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) Paslon Walikota Pasuruan yang akan berhelat dalam pesta demokrasi 9 Desember mendatang.

" Bersama Satpoll PP dan dikawal Kepolisian di Kota Pasuruan kami menertibkan lebih dari 200 APK," ungkap Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Anas Muslimin, Sabtu (7/11/2020).

APK itu ditertibkan karena dinilai melanggar ketentuan, lanjut Anas, baik dari sisi titik penempatan maupun ada beberapa aturan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang dilanggar.

"Melanggar baik dari sisi titik penempatan dan tidak sesuai dengan yang diatur di dalam PKPU," tegasnya.

Bahkan, kata Anas, selain menertibkan APK, tim gabungan juga menertibkan bahan kampanye yang berbentuk poster  ditempel sejumlah titik, sebab juga melanggar aturan.

" Poster itu seharusnya disebar dan diberikan kepada calon pemilih atau konstituen, ternyata oleh tim paslon ditempel di dinding," bebernya.

Disinggung soal pelanggaran protokol kesehatan pada saat kampanye dilakukan? Ia menjelaskan, Bawaslu baru menerbitkan dua surat peringatan kepada Paslon Walikota Pasuruan. Itupun, pihaknya tidak perlu membubarkan paksa.

"Selama masa kampanye hanya dua surat peringatan, tidak sampai dibubarkan karena memang rata rata setelah diingatkan secara lisan, sudah memperhatikan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00