9900 KTP Dukungan Bakal Calon Bupati Malang Perseorangan Invalid

KBRN,Malang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang menemukan 9900 data KTP dukungan persyaratan Bakal Calon Bupati Malang Perseorangan  invalid. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, M Wahyudi mengatakan dari 121 ribu KTP dukungan yang diserahkan olej nakal calon Bupati Malang Perseorangan pada masa perbaikan, setelah dihitung yang telah memenuhi syarat administrasi hanya 115 ribu KTP. 

" Dari jumlah tersebut dilakukan verifikasi administrasi dan hasilnya sebanyak 93 ribu memenuhi syarat," ungkap Wahyudi, Jumat (14/8/2020).

Namun setelah dilakukan pencermatan ditemukan 9900 KTP invalid. Ia menjelaskan, KTP invalid tersebut Tempat tanggal lahir dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sama. 

Karenanya, Bawaslu berkirim surat ke KPU untuk dilakukan perbaikan, sebab berpotensi dukungan ganda.

Wahyudi menambahkan, 9900 temuan Bawaslu itu, telah disandingkan dengan data KPU, sehingga ditemukan ada 8300 KTP yang nama nama-nya telah terkoreksi pada verifikasi administrasi tahap awal lalu. 

" Data kami sandingkan dengan data KPU terkait MS dan TMS pada verifikasi awal," terang Wahyudi.

Sebab itu, Bawaslu saat ini hingga 16 agustus nanti dalam verifikasi faktual mencermati khusus nama nama tersebut.  Ia menegaskan 8300 KTP itu akan menjadi perhatian khusus oleh Bawaslu.

Wahyudi menegaskan, penting melakukan pencermatan khusus agar tidak terjadi dukungan ganda bagi bakal calon Bupati Malang perseorangan nanti.

Disinggung soal adakah indikasi kesengajaan dari penyelenggara? Wahyudi enggan melakukan justifikasi.

"Kami (Bawaslu;red) tidak dalam posisi memvonis, Bawaslu memberikan saran untuk pencermatan ulang terhadap nama yang memiliki kesamaan pada proses administrasi," imbuhnya.

Sebelumnya, pasca dukungan diverifikasi faktual, mengalami kekurangan KTP sebanyak 57 ribu. Saat itu, bakal calon Bupati Malang Perseorangan melengkapi berkas kekurangan dua kali lipat pada masa perbaikan pemenuhan berkas dukungan.  Bahkan, membawa 121 ribu berkas dukungan untuk melengkapi. Jumlah itu dua kali lipat lebih dari yang dibutuhkan.

Untuk diketahui, dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon Bupati Malang Perseorangan Pilkada Kabupaten Malang, dari total 129.989 berkas dukungan yang diserahkan untuk dilakukan verifikasi faktual saat itu hanya 72.603 berkas dukungan yang telah ditetapkan memenuhi syarat, sehingga masih kurang 57.903 berkas dukungan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00