PPKM Diperpanjang, TNI-Polri Siap Amankan Kota Malang

KBRN, Malang: Pemerintah pusat memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Jawa-Bali dua minggu ke depan. Di wilayah Malang Raya, Kota Malang dan Kota Batu yang diputuskan untuk tetap menerapkan PPKM. Menanggapi hal tersebut, TNI/Polri pun siap melakukan pengamanan dan upaya penertiban masyarakat.

“Pada prinsipnya TNI-Polri siap jika pemerintah pusat memperpanjang PPKM. Kita konsisten melakukan kegiatan operasi yustisi, lalu tetap menurunkan tim Covid Hunter yang siap membawa pasien isolasi mandiri terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dibawa di RS Lapangan Idjen Boulevard serta safe house,” kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Leonardus Simarmata, Kamis (21/1/2021).

Selain upaya penertiban melalui operasi yustisi, TNI/Polri bersama Pemkot Malang juga terus berupaya melakukan sosialisasi pada masyarakat agar tetap menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Setiap hari kami juga jalan terus ke kampung tangguh, meminta tolong pada tokoh masyarakat dan ulama untuk menyampaikan pada jamaahnya agar patuh pada 3M,” tuturnya.

Selama kebijakan PPKM tahap pertama hampir dua minggu terakhir, Leo menilai jika selama ini masih ada masyarakat yang melanggar. Hal itu terlihat dari operasi yustisi yang dilakukan petugas setiap malam. 

“Saat operasi yustisi ada beberapa kafe yang terpaksa harus ditutup. Ini menunjukkan bahwa ada masyarakat yang masih belum menyadari pentingnya disiplin protokol kesehatan. Masih banyak juga masyarakat yang belum pakai makser, kita imbau kegiatan apapun makser tetap dipakai. Kami berharap PPKM ini bisa berpengaruh untuk mencegah kasus Covid-19,” tandas Leo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00