Pakai Dokar Keliling Kampung, Cara Unik Polisi Imbau Protokol Kesehatan

Foto: Istimewa

LKBRN, Malang: Cara unik dilakukan kepolisian di Kota Malang untuk memberikan imbauan terkait protokol kesehatan pada masyarakat. Jajaran Polsek Kedungkandang Kota Malang masuk ke kampung-kampung untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan kereta kuda alias dokar.

Inovasi ini datang dari Kapolsek Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi. Bersama jajarannya, ia keliling kampung sembari mengimbau warga dengan bahasa Malangan. Salah satunya imbauan menggunakan masker yang berbunyi 'Uklam-uklam utem hamur. Ayo Ker Hewag Masker. Oyi Sam!' Yang artinya 'Jalan-jalan keluar rumah, ayo pakai masker, ya Mas!'.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Leonardus Simarmata mengungkapkan, pegakan disiplin protokol kesehatan ini memang terus digalakkan mengingat angka kasus sebaran Covid-19 di Kota Malang tak kunjung mereda. Namun penegakan disiplin itu juga harus diimbangi pendekatan yang humanis. 

“Selain operasi yustisi, imbauan pada masyarakat  juga harus inovatif dan mengutamakan nuansa kearifan lokal. Yang dilakukan Polsek Kedungkandang saya rasa bagus. Pakai dokar, pakai bahasa malangan lebih enak didengar masyarakat,” tuturnya. 

Ia berharap, inovasi serupa juga dilajukan jajaran polsek lainnya. maupun Polresta itu sendiri semua harus bisa memberikan inovasi sosialisasi dan edukasi, tak hanya sekedar penindakan.

“Sosialisasi edukasi dengan mengutamakan kearifan lokal seperti inilah sebagai bentuk penegakan Ultimatum Remidium yang tidak menomorsatukan tindakan hukum,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolsek Kedung Kandang, Kompol Yusuf Suryadi mengatakan, inovasi sosialisasi protokol kesehatan menggunakan dokar ini sengaja dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat.

“Sosialisasi edukasi seperti ini harapannya bisa diterima dengan baik sesuai dengan kondisi kewilayahan,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00