Polisi Larang Sweeping saat Perayaan Natal di Kota Malang

KBRN, Malang: Polresta Malang Kota memastikan tidak akan ada sweeping yang dilakukan organisasi masyarakat saat perayaan natal mendatang. Apalagi kepolisian juga melarang segala aksi sweeping yang dilakukan organisasi masyarakat (ormas) menjelang perayaan Natal. 

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leo Simarmata mengingatkan pihak yang tetap melakukan upaya sweeping, kepolisian tak akan segan memberikan tindakan hukum. “Apabila melanggar, ancaman pidana menunggu pelanggarnya,” tegasnya, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, larangan adanya sweeping tersebut dilakukan untuk melindungi hak warga yang melakukan perayaan natal. Bahkan, ia juga akan memperketat pengamanan menjelang natal dan tahun baru, khususnya di tempat umum, dan objek vital lainnya seperti gereja.

“Semua aktivitas ibadah dan perayaan boleh dilakukan dan tidak boleh ada yang melarang. Semua warga Kota Malang harus dijamin hak-haknya,” tutur mantan Wakapolrestabes Surabaya ini. 

Hal serupa diungkapkan Walikota Malang Sutiaji. Ia pun menjamin tak ada sweeping ataupun teror saat perayaan natal di kota pendidikan.

“Kami mengajak seluruh umat beragama menjaga kerukunan dan toleransi. Pemerintah bersama TNI/Polri akan bersama-sama meninjau persiapan perayaan Natal di gereja-gereja,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00