Hari Ini, Wisata ke Gunung Bromo Resmi Dibuka

Wisata Gunung Bromo (Foto: istimewa)

KBRN, Malang: Setelah tutup selama enam bulan akibat pandemi Covid-19, wisata ke Gunung Bromo akhirnya resmi dibuka Jumat (28/8/2020) pukul 13.00 WIB. Meski telah dibuka, namun wisatawan maupun pengelola tempat wisata diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga pembukaan wisata andalan Jawa Timur ini tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19. 

"Wisata ke Gunung Bromo telah dibuka secara bertahap dengan kuota hanya 20 persen dari daya tampung," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), John Kenedie di sela seremonial pembukaan.

Daya tampung yang dimaksud yakni hanya 739 per wisatawan per hari. Rinciannya, untuk site Penanjakan Kabupaten Pasuruan sebanyak 178 orang, site Bukit Cinta Kabupaten Pasuruan sebanyak 28 orang, site Bukit Kedaluh Kabupaten Pasuruan 86 orang per hari, site Savana Teletubbies Kabupaten Probolinggo 347 orang per hari, dan site Mentigen Kabupaten Probolinggo hanya 100 orang per hari.

"Pembelian tiket hanya dilakukan secara online melalui situs booking online TNBTS. Jadi tidak ada perputaran uang tunai," ungkapnya.

Pihaknya juga menekankan agar semua pihak mentaati protokol kesehatan secara ketat. Sebab, jika nantinya ditemukan kluster baru Covid-19 akibat pembukaan wisata Bromo, maka wisata ini akan ditutup kembali. Pelaksanaan reaktivasi secara bertahap ini juga akan dilakukan evaluasi secara berkala dengan memperhatikan hasil monitoring pelaksanaan di lapangan dan perkembangan kondisi pandemi Covid-19.

"Tolong teman-teman semua untuk betul-betul mematuhi protokol kesehatan yang ketat, jangan sampai ada kluster baru akibat berkunjung ke Bromo. Kalau nanti terjadi, dengan terpaksa Bromo harus ditutup ," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00