Komoditi Kopi Bakal Jadi Industri di Kota Batu

KBRN, Batu: Industri kopi yang kian menjamur di Indonesia, nampaknya mulai di lirik untuk menjadi komoditi andalan di beberapa wilayah nusantara, tidak terkecuali Kota Wisata Batu. Menjamurnya bisnis kopi di kota perbukitan tersebut nampaknya akan mendapatkan angin segar dari orang nomor satu di Kota Batu.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, kepada RRI menuturkan, pihaknya ingin kopi bisa menjadi ikon di Kota Wisata tersebut. Terlebih dirinya baru mengetahui potensi kopi di Kota Batu memiliki kualitas yang cukup bagus, namun belum mampu terdengar di level regional ataupun nasional.

"Saya baru tahu ya, potensi kopi di Kota Batu memiliki kualitas yang bagus, tapi belum terdengar di level yang lebih tinggi, sementara kita taunya kopi Dampit, lalu kopi yang lain, disini itu ada semua padahal," ujarnya, Kamis (13/8/2020).

Berdasarkan hal itu, Pemerintah Kota Batu berencana mendirikan industri Kopi yang menjadi ikon atau kopi yang khas dari Kota Batu, mengingat Kota Batu telah memiliki potensi alam yang mendukung serta Ikon wisata alam dan buatan yang tenar di Indonesia.

"Yang jelas, pihak Pemkot khususnya dari Dinas Pertanian untuk turun tangan secara langsung dalam proses penanaman, panen, dan pengemasan, kalo perlu hingga pemasarannya untuk memberikan edukasi pada Masyarakat atau petani di Kota ini," jelasnya.

Bu Dhe, sapaan akrabnya, menambahkan, pihak Pemkot akan memberikan dorongan, jika perlu mulai dari Hulu hingga Hilir dalam pengembangan Kopi khas Batu tersebut, disinggung mengenai waktu pelaksanaanya, Bu Dhe mengharapkan secepatnya hal tersebut bisa direalisasikan.

"Kalau bisa secepatnya, apakah itu di tahun depan?, Insya Allah, semakin cepat, semakin baik," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00