Beroperasi di tengah Pandemi, Baru Enam Wisata Pantai di Malang yang sudah Ajukan Ijin

KBRN,Malang: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang mencatat baru enam titik obyek wisata Pantai di Malang Selatan yang sudah mengajukan ijin beroperasi di tengah pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). 

Kepala Dinas Pariwisata setempat, Made Arya Wedhantara mengatakan dari 168 obyek wisata yang ada, mulai dari Coban, Gunung, Wisata Air hingga Pantai, baru tercatat 6 wisata Pantai saja yang telah mengajukan ijin beroperasi tersebut.

" Untuk pantai saja baru ada enam yang sudah ajukan ijin beroperasi di tengah pandemi ini," ungkap Made Arya Wedhantara kepada RRI, Senin (3/8/2020).

Rinciannya, dua obyek wisata pantai milik Pemkab Malang yang dikelola PD Jasa Yasa yakni Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep. Sisanya empat Pantai dikelola Perhutani, yaitu Pantai Nganteb, Ngudel, Sendangbiru dan Teluk Asmara. Keenam wisata Pantai itu sudah mengajukan ijin beroperasi.

" Pantai lainnya di sepanjang Jalur Lintas Selatan belum koordinasi dengan kami (Dinas Pariwisata, Dinkes dan Tim Satgas Covid-19;red)," terangnya.

Sebab itu, dihimbau kepada seluruh pengelola wisata di Kabupaten Malang untuk segera mengajukan ijin beroperasi di tengah pandemi Covid-19. Tujuannya, agar tidak ada cluster wisata dalam penyebaran virus.

" Harapan kita kenapa sih harus mengajukan surat ijin beroperasi ke Bupati, kita sama sama menjaga agar tidak ada cluster baru," tegasnya.

Minimal, lanjut Made, Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam pengelolaan wisata bisa disatukan bersama, seragam dalam mengedukasi pengelola dan wisatawan, sebelum diuji cobakan.

" Sebagus bagusnya SOP kalau tidak diuji cobakan tidak tahu apa yang dilakukan pengelola dan wisatawan," jelasnya.

Kondisinya berbeda, ketika mengajukan ijin beroperasi,kata dia, maka tim Satgas Covid-19 akan turun ke lapangan untuk melakukan evaluasi dan memberikan edukasi terkait SOP obyek wisata di tengah pandemi.

" Kalau mengajukan ijin kan tim akan turun untuk evaluasi bersama," tukasnya.

Made mencontohkan, wisata Pantai Balekambang dan Ngliyep yang terpantau dan dievaluasi sudah melakukan SOP untuk beroperasi. Mulai dari pengelola hingga wisatawan yang berlibur di Pantai tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00