Potret Lesunya Industri Pariwisata Kota Malang Akibat Pandemi Covid-19

KBRN, Malang: Penyebaran Covid-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, mulai dari ekonomi, sosial, hingga pariwisata. Di wilayah Malang yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Timur, pandemi ini berdampak pada penurunan okupansi yang drastis. Hingga membuat sejumlah hotel di Malang menutup sementara operasionalnya. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang, Dwi Cahyono mengungkapkan, sampai saat ini di Kota Malang ada 9 hotel yang sudah metutup operasional sementara. "Alasannya karean okupansi hotel yang berada di bawah 10 persen. Bahkan ada beberapa hotel yang tidak ada tamu sama sekali," kata Dwi,  Senin (6/4/2020).

Kebijakan pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan melarang orang untuk berkumpul juga berdampak pada penyelenggaraan MICE (Meeting, Incentive, Convention, adan Exhibition). "Penutupan operasional sementara ini sebagai langkah terakhir menyelamatkan perusahaan. Sebab selama pandemi virus corona, sejumlah hotel telah merugi. Saya berharap hal ini tidak berlangsung lama. Apabila sampai tiga bulan, mungkin banyak hotel yang akan bangkrut," tuturnya. 

Penutupan operasional juga berdampak pada pembayaran gaji karyawan hotel. Menurut Dwi, setiap hotel mempunyai kebijakan sendiri perihal mekanisme pembayaran gaji karyawan itu. "Mayoritas karyawan dirumahkan tidak mendapat upah selama operasional hotel tutup. Tetapi ada juga kesepakatan dibayar 20 persen. Setiap hotel mempunyai kebijakan berbeda,” ujar dia.

Sementara itu, Sales and Marketing Manager Hotel The 1O1 Malang OJ, Ledya Shelfy mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19, seluruh karyawan hotelnya tetap masuk,  meski tak seperti biasa. Sebba selama penutupan, manajemen hotel menggunakannya untuk renovasi. Terkait pembayaran gaji para pegawai, manajemen The 101 Malang OJ tetap membayarkannya, meski jumlahnya tidak utuh.  "Kami ada maintenance di lobby," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00