Kebijakan Selaras dengan Alam, Upaya Cegah Bencana

KBRN, Malang: Rangkaian kejadian bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia tak hanya diakibatkan murni faktor alam, namun tentang bagaimana penataan kebijakan pemerintah yang selaras dengan alam. Pesan itulah yang ingin disampaikan dalam Dialog Publik Malang Menginspirasi yang digelar di Studio Integrasi LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Malang, Jumat (7/2/2020) siang.

Dalam dialog tersebut, menghadirkan Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin, Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, serta Dewan Daerah Walhi Jatim Purnawan D. Negara. Sejumlah aktivis lingkungan di Malang juga turut serta dalam dialog publik ini. 

Purnawan D. Negara pun menyoroti tentang kebijakan pemerintah daerah yang sejauh ini masih ada yang belum selaras dengan alam. ”Di Kota Malang ada sebuah taman yang kemudian dibangun jadi kantor kelurahan, hal seperti ini yang perlu disoroti,” kata pria yang kerap disapa Pupung ini. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengaku, upaya menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah. Namun juga harus ada kerjasama pentahelix yang dikuatkan. Kerjasama ini meliputi Pemda, masyarakat, akademisi, komunitas dan media massa. “Harus bersama-sama membangun kesadaran di segala bidang. Salah satunya melalui gerakan angkat sampah dan sedimen (GASS),” tuturnya.

Disinggung soal Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang masih minim, pihaknya berkomitmen untuk terus memenuhi target sesuai aturan yang ada. “Tahun 2020 kita memaksimalkan aset yang dimiliki untuk jadi hutan kota. Terkait ini, kalau hanya dibebankan pada pemerintah tidak akan selesai,” tegasnya.

Sementara dari sisi RRI sebagai lembaga penyiaran publik, siap membantu sosialisasi dan edukasi pada masyarakat tentang bagaimana upaya mencegah bencana, serta meminimalisir jumlah korban bencana. "Disinilah peran program tanggap bencana Kentongan yang diinisiasi oleh RRI," ujar Direktur Utama LPP RRI, M. Rohanudin. 

Ia menegaskan, RRI memiliki semangat untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang bagaimana menjaga alam di Indonesia. "Lewat siaran di RRI selalu mencerminkan bagaimana masyarakat bersama menjaga alam dan lingkungan yang baik. Karena bencana yang terjadi juga faktor perilaku masyarakat," tandas Rohan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00