Surga Dunia, Wisata Hutan Pinus Loji Blitar Cocok Buat Self Healing

KBRN, Blitar : Aktivitas sehari-hari yang begitu padat terkadang membuat kita merasa lelah dan sangat jenuh membuat kita ingin mencari suasana yang nyaman untuk menenangkan pikiran. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan berwisata alam. Berwisata menjadi pilihan yang sangat tepat bagi anda untuk self healing atau beristirahat sejenak dari kesibukan yang dijalani.

Indonesia memiliki ribuan hingga jutaan wisata alam yang menawarkan keindahannya masing masing dan bisa anda kunjungi. Untuk itu, anda tak perlu khawatir dan bingung lagi menentukan pilihan wisata yang akan dikunjungi. Salah satu wisata alam yang menawarkan keindahannya adalah wisata Hutan Pinus Loji, lokasi ini tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar atau di Lereng Gunung Kelud.

Karena lokasinya berada di Lereng Gunung Kelud, tempat wisata yang berada di Blitar sebelah utara ini menyimpan udara yang sangat segar dan pepohonan yang masing sangat rindang dan asri. Disini, anda akan merasakan suasana khas pegunungan, rindangnya Hutan Pinus Ini bisa melindungi pengunjung dari teriknya sang mentari. Salah satu pengelola wisata Hutan Pinus Loji Blitar bernama Suwardi mengatakan, bagi siapa saja masyarakat lokal maupun luar daerah yang selama satu minggu sudah lelah dengan aktivitasnya sehari-hari, bisa datang ke wisata ini. Ketika berada disini, anda akan merasakan kenyamanan, ketenangan, dan kesejukan, sehingga bisa menghilangkan rasa lelah yang ada dan membangkitkan rasa semangat.

"Iya betul cocok sekali untuk masyarakat, ya yang Senin sampai Jumat sudah sibuk kerja bisa menghasilkan waktu weekend disini, dijamin nyaman tenang, dan merasakan kesejukan," kata Suwardi, saat ditemui Senin (30/5/2022).

Pria paruh baya ini juga menerangkan, jika keindahan Hutan Pinus Loji tak hanya bisa dinikmati ketika sudah sampai di lokasi. Tetapi, selama berada di perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang begitu cantik disertai dengan panorama alam dan udara segar di antara pepohonan. Menikmati suguhan pemandangan indah yang memanjakan mata ini tentu saja merupakan salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu luang dan cocok buat anda self healing atau beristirahat dari rutinitas sehari hari. Tak lupa Suwardi juga menuturkan, bagi pengunjung yang datang ke Wisata Hutan Pinus Loji ini bisa menikmati sejumlah fasilitas yang disediakan. Mulai dari tempat dan tenda camping, wahana flying fox, mini trail dan sejumlah fasilitas umum pendukung yang lainnya. Disini, juga sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto atau mengabadikan momen. Pasalnya, letak pohon pinus satu dengan yang lainnya jaraknya berdekatan, sekaligus juga didukung penataan lingkungan yang bersih. Tak hanya itu saja, tempat ini juga disediakan spot selfie ala jaman now atau biasa dikenal dengan sebutan Instagramabel.

"Fasilitas dan wahana yang ada disini juga sudah mulai banyak, disini ada area khusus camping, kami juga menyewakan tenda camping, terus juga ada wahana flying fox, dan mini trail," terangnya.

Wisata Hutan Pinus Loji ini berdiri pada tahun 2018 silam, namun ketika di tahun 2019 diterjang badai Covid-19, pengembangan wisata ini sedikit terhambat. Meski begitu, berkat upaya dari seluruh pengelola, banyak masyarakat yang melirik dan berbondong bondong datang ke tempat wisata ini. Suwardi menyebut, ketika awal masih tahap rintisan dan saat itu di situasi pandemi Covid-19, pengunjung yang datang hanya dari lokal Blitar saja dan jumlahnya tidak seberapa. Ketika itu tarif yang diberlakukan per orang senilai Rp3.000, dan saat ini sudah naik menjadi Rp5.000 per orangnya. Saat ini, Wisata Hutan Pinus Loji ini sudah memiliki daya tarik sendiri bagi wisata lokal maupun luar daerah, terbukti sampai saat jumlah pengunjung sudah mulai meningkat drastis, saat weekdays pengunjung yang datang sekitar 100 orang perhari, namun ketika weekend pengunjung yang datang sekitar 500 orang lebih.

"Kami merintis itu tahun 2018, trus kan di tahun 2019 pandemi nah disitu kita benar benar berdampak. Tapi, saya bersyukur per hari masih ada pengunjung yang datang, meski itu hanya lokalan saja. Sekarang sudah mulai meningkat kalau hari hari biasa sekitar 100 orang perhari, dan di akhir pekan sekitar 500 orang per hari bahkan bisa lebih," ungkapnya.

Wisata Hutan Pinus Loji yang berada di Lereng Gunung Kelud ini menjadi salah rekomendasi tempat wisata atau alternatif tempat ngadem yang ada di Blitar. Awalnya lokasi ini hanya sebagai rute pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo, tetapi karena sudah dikelola dengan baik akhirnya kini bisa digunakan untuk tempat camping. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kesini. Menurut Suwardi, anda tak perlu repot atau kebingungan harus membawa tenda sendiri, karena disini sudah disiapkan penyewaan tenda yang dihitung setiap 24 jam sekali dengan harga sewa senilai Rp50 ribu. Ketika anda sedang camping disini akan merasakan suasana yang berbeda yang sangat menyenangkan, anda akan tidur dengan memandang langit yang bertabur bintang. Ditengah hawa yang dingin, sangat cocok untuk melakukan aktivitas memasak dan api unggun, anda juga bisa membawa daging buat ngegril dan ngopi, dan masih banyak yang lainnya. Nah, bagi pendaki yang datangnya sudah kelewat petang, tentu saja bisa ngecamp dulu di tempat ini, baru keesokan harinya memulai pendakian Gunung Kelud.

"Kami juga siapkan tempat khusus untuk camping dan kami juga sewakan tenda. Jadi ngga perlu khawatir buat masyarakat atau wisatawan," tuturnya.

Wisata Hutan Pinus Loji ini memang benar benar memiliki kharisma tersendiri, sehingga membuat wisatawan dari luar daerah berdatangan. Mereka yang bertujuan untuk ngecamp ada yang berasal dari Malang, Surabaya dan kota kota besar lainnya di Jawa Timur. Bahkan, wisatawan manca negarapun juga datang ke tempat ini, yaitu mereka yang memiliki tujuan untuk pendakian ke Gunung Kelud, mereka ini berasal dari negara Swiss, Australia dan lain lain. Nah, bagi anda yang tertarik untuk datang ke tempat ini, tak usah bingung rute mana yang harus dilintasi. Jika anda dari Kota Blitar waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih selama satu jam. Cukup mudah yaitu dari jalur Kota Blitar menuju Garum lalu Gandusari. Selain itu, tempat ini bisa ditempuh dengan mudah dari Kecamatan Wlingi. Lokasi jalan yang memadai dan aspal yang bagus, perjalanan menuju wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengendara sepeda motor. Dari Wlingi sendiri, waktu yang ditempuh kurang lebih hanya 30 menit saja, jalurnya  Wlingi lurus ke utara lewat perkebunan Bantaran hingga masuk jalur pendakian Gunung Kelud di Desa Tulungrejodan sampailah anda di wisata yang viral di Blitar ini.

"Jadi wisatawan ngecamp yang datang itu macam macam, pokoknya kota kota besar di Jatim. Tapi untuk wisatawan yang pendakian itu justru banyak dari manca negara seperti Swiss, Australia dan lain lain," ucapnya.

Sementara itu salah pengunjung Wisata Hutan Pinus Loji Blitar bernama Agustina berasal dari Surabaya mengaku, baru pertama kali datang ke wisata ini dan ia mengetahui tempat ini dari media sosial. Ia mengaku, terpesona dan merasakan kenyamanan dan ketenangan ketika berada disini. Ia sengaja mengajak seluruh keluarga besarnya untuk datang kesini, hanya untuk menikmati kesejukan dan menghilang sejenak dari hiruk pikuk aktivitas sehari hari. Terlihat, ia membawa tikar, tenda, makanan, minuman, snack ringan dan yang lainnya untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Agustina juga merasa senang berada di wisata Hutan Pinus Loji, karena ketika berada di Kota ia sangat sulit menemukan tempat semacam ini. Ia akan mempromosikan tempat wisata ini ke teman  temannya di Kota, baginya lokasi ini sangat direkomendasikan jadi tempat wisata terfavorit dan ternyaman.

"Saya baru kali ini sih, dan taunya dari medsos, kok kelihatannya bagus sejuk gitu. Saya cari cari tahu soal wisata ini, dan akhirnya hari ini bisa datang kesini sama keluarga. Ngga rugi pokoknya, seneng banget disini, segar, sejuk dan menenangkan. Ya menhilang sebentar ya dari kesibukan sehari hari, cocok banget lah buat self healing," ceritanya.

Lebih lanjut Suwardi juga menyampaikan, kedepan akan menambah fasilitas di Wisata Hutan Pinus Loji, seperti wedding organizer di lokasi outdoor, memperluas area camp, menambah wahana, fasilitas toilet dan tempat ibadah, sekaligus area khusus untuk acara musik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar