Lebaran, Produksi Sampah di Kota Malang Capai 3 Ton/Hari

Petugas kebersihan melakukan pembersihan di kawasan alun-alun Merdeka Malang

KBRN, Malang : Selama libur lebaran tahun 2022, volume sampah di wilayah Kota Malang mengalami peningkatan drastis, bahkan per harinya bisa mencapai 3 ton sampah, jumlah itu lebih tinggi jika dibanding 2 tahun lalu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto kepada RRI mengungkapkan, terbanyak produksi sampah selama lebaran ditemukan di kawasan alun-alun Kota Malang. Sehingga petugas kebersihan bisa sampai 6-7 kali dalam sehari membersihkan sampah disana.

"Yang berwisata di alun-alun banyak dan saya mendapat laporan dari temen-temen media dan saya akui iya ada tumpukan sampah," ungkap Wahyu saat di Balaikota Malang, Selasa (10/5/2022).

"Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat masih rendah untuk membuang  pada tempatnya," tambahnya.

Menurutnya, produksi sampah yang naik tersebut tidak hanya di alun-alun, tetapi juga sampah dari mall, restoran dan hotel yang mengalami peningkatan drastis. Hal ini disinyalir karena kelonggaran yang diberlakukan pada lebaran tahun ini, sehingga banyak masyarakat yang mendatangi tempat-tempat tersebut.

"Restoran-restoran juga ada karena tingkat okupansi hotel cukup tinggi. Jadi tidak heran totalnya kemarin ada tambahan 2 sampai 3 ton," terang mantan Kadisperindag ini.

Wahyu menambahkan, untuk sampah rumah tangga stabil dan normal, tidak ada lonjakan. Namun dirinya berharap masyarakat tetap menumbuhkan kebiasaan baik dalam menanggulangi sampah.

"Harus ada kesadaran baik dari sikap membuang sampah pada tempatnya hingga kebiasaan untuk memilah sampah dalam upaya mengurangi volume sampah," pungkas Wahyu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar