Bupati Pasuruan Ajak ASN Menanam Pohon

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menanam bibit buah durian di sekitaran UPTD Budidaya Ternak

KBRN, Pasuruan : Ada banyak cara yang dilakukan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf yang akrab disapa Gus Irsyad untuk mengumpulkan sekaligus memberikan pembinaan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Diantaranya, Bupati mengajak kepada ASN untuk mencintai lingkungan dengan cara melakukan penanaman pohon, Sabtu (15/1/2022) 

Gus Irsyad juga mengajak Sekda, para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bagian hingga camat se-Kabupaten Pasuruan untuk berolahraga bersama sekaligus menanam bibit penghijauan di sekitaran area UPTD Budidaya Ternak, Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari.

Dari pantauan di lapangan, Gus Irsyad terlebih dulu senam maumere selama 20 menit. Setelah selesai, ia mengajak para stafnya untuk berjalan kaki sejauh 2 kilometer dengan tujuan menuju lokasi penanaman.

Menurutnya, lokasi UPTD Budidaya Ternak Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan sangat luas dan berada di wilayah pegunungan. Sehingga meski jalan yang dilalui cukup menanjak, namun dengan udara yang sangat segar dan masih pagi, semua yang berjalan kaki terlihat antusias untuk menanam bibit pohon buah.

"Yah ini cara saya untuk menggabungkan tiga tujuan sekaligus. Yakni olahraga, menanam bibit sekaligus pembinaan. Dengan jalan kaki, setidaknya bagian dari olahraga agar tubuh juga bergerak terus. Yah meski ada yang sambatan (mengeluh capek), namun semuanya semangat," ungkap Gus Irsyad.

Begitu sampai di lokasi penanaman, Gus Irsyad secara bersama para stafnya langsung menanam ratusan bibit buah yang berasal dari CSR  Sampoerna.

"Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Sampoerna yang sudah membantu penyediaan bibit pohon buah-buahan ini. Semoga kerja sama yang sangat baik ini bisa terus berlangsung sampai kapanpun," katanya.

Ditanya soal penanaman, adik kandung Walikota Pasuruan, Gus Ipul ini menegaskan bahwa aksi menanam bibit pohon buah adalah bagian dari gerakan melestarikan lingkungan. Terlebih momentum penanaman berada di waktu yang tepat, yakni musim penghujan.

"Kalau sudah hujan, harus menanam. Apapun jenis tanamannya, itu yang kita tanam, terserah. Apa itu buah atau tanaman penghijauan," singkatnya.

Selain di lokasi penanaman, Gus Irsyad juga mewajibkan para staf Pemkab Pasuruan untuk menggalakkan gerakan ayo menanam di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Utamanya di saat musim penghujan seperti sekarang.

Menurutnya, hal tersebut bukan tanpa alasan. Melainkan memotivasi masyarakat lain untuk ikut peduli terhadap keberlangsungan alam dan lingkungan sekitar.

"Gerakan penanaman ini menjadi simbol bahwa saat ini sangat dibutuhkan perhatian dari semua pihak untuk melestarikan lingkungan, salah satunya penanaman bibit pohon. Terlebih karena Kabupaten Pasuruan ini kaya akan sumber daya airnya dan sekarang pas hujan, jadi ayok kita tanam yang bisa kita tanam," tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Daerah Inovatif 8 kali berturut-turut ini menegaskan bahwa penanaman pohon menjadi upaya untuk merefresh sekaligus mencharging alam agar ada regenerasi vegetatif alias pohon-pohon yang menjadi penyangga di wilayah perbukitan.

"Kita tanam sebanyak-banyaknya. Kita berikan kenang-kenangan untuk cucu kita agar alam ini tetap terjaga dan jauh dari bencana," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar