Restorasi Alam Kota Batu, Gekraf dan Pemkot Tanam 600 Pohon di Gunung Pucung

KBRN, Batu : Program perawatan lingkungan dan pencegahan bencana yang digagas oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GeKrafs) Kota Batu, terus digaungkan dalam tajuk Rabuisasi. 

Di awal tahun ini, Rabuisasi Gerakan "Nandur Gunung" dilakukan di Gunung Pucung, Kota Batu. Acara ini dilaksanakan sebagai gerakan restorasi alam dengan menggandeng berbagai komunitas, ormas hingga Pemkot Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, Gerakan ini  merupakan inisiasi luar biasa untuk dicontoh komitmennya dalam menjaga alam yang terus dilakukan di beberapa tempat.

“Semoga acara seperti ini terus dilaksanakan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesejukan udara di Kota Batu,” harapnya, Rabu (12/1/2022).

Sementara itu, Inisiator kegiatan, Tamsil Ainnur Rizal, mengatakan, gerakan Rabuisasi merupakan kegiatan penghijauan yang dilakukan setiap satu bulan sekali pada minggu pertama yang diawali pada Desember tahun lalu.

"Ada sekitar 600 pohon dari jenis durian, sukun, nangka, dan petai kami tanam karena masa tumbuhnya yang cepat, juga bagus untuk resapan air," jelasnya.

Mekanisme yang dilakukan yakni, Setiap Pohon yang ditanam diberikan barcode agar bisa dipantau pertumbuhannya dengan mudah. Proses digitalisasi ini dilaksanakan sebagai indikator sukses tidaknya proses pertumbuhan pohon tersebut.

Jenis pohon yang ditanam, dipilih dari jenis pohon buah dengan pertimbangan cepat besar dan hasil buahnya nanti bisa dimanfaatkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar