PJB UP Paiton Sabet Anugrah Proper

KBRN, Probolinggo : PT PJB UP Paiton berhasil mendapatkan peringkat emas sebagai penghargaan tertinggi pada Anugrah Proper 2021 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Emas PROPER Emas kali ini adalah yang keempat kalinya bagi UP Paiton setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2017-2019.

“(PROPER Emas) Ini merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung operasional perusahaan dan menjalin kerja sama yang baik dalam pengelolaan lingkungan,” ujar Agus Prastyo Utomo, General Manager UP Paiton, Jumat (31/12/2021).

Penghargaan ini menunjukkan UP Paiton sebagai salah satu perusahaan dengan proses bisnis yang bertanggungjawab terhadap lingkungan. Perusahaan melakukan berbagai inovasi di berbagai bidang untuk mendukung capain tersebut. Mulai dari efisiensi energi, efisiensi pemakaian air, penurunan emisi yang dihasilkan, pemanfaatan limbah B3 dan Non-B3, hingga menjaga keanekaragaman hayati di sekitar PLTU Paiton.

Selain itu, program corporate social responsibility (CSR) yang dijalankan juga berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat dan responsif terhadap bencana. Melalui program Kampung Sentra Energi Terbarukan untuk Masyarakat (Kampung Setrum) di Desa Andungbiru, Kec. Tiris, UP Paiton membawa spirit energi kopi untuk mengajak masyarakat bangkit di tengah pandemi COVID19 yang belum usai hingga hari ini.

Masyarakat dengan dorongan perusahaan melakukan inovasi seperti memanfaatkan limbah kulit kopi untuk memproduksi pupuk organik dan pakan ternak fermentasi. Pasalnya, Desa Andungbiru mengalami kelangkaan pupuk pada akhir tahun 2020 yang membuat hasil panen kopi turun hingga 80%. Pupuk organik yang diproduksi oleh masyarakat mampu menurunkan biaya pertanian karena memanfaatkan limbah dan bahan-bahan di sekitar.

Tidak berhenti sampai di situ, UP Paiton dan Kelompok Lang-Baling menginisiasi pendirian Kedai Lang-Baling yang menjual produk minuman kopi khas Andungbiru dalam berbagai jenis. Kedai ini terletak di Pelataran Rumah Batik Probolinggo, area Balai Latihan Kerja (BLK) Kraksaan. Kopi Lang-Baling adalah produk kopi ramah lingkungan yang diproduksi dengan menggunakan listrik energi terbarukan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Sebelumnya PLTMH yang merupakan bagian dari Program CSR Kampung Setrum hanya digunakan untuk penerangan rumah tangga dan fasilitas umum. Pemanfaatn listrik PLTMH untuk UMKM mampu mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Program CSR yang dijalankan oleh UP Paiton juga turut serta berperan dalam penanggulangan bencana COVID-19. Perusahaan mendukung program pemerintah dalam mencapai target vaksinasi dengan membentuk relawan vaksinasi bersama Puskesmas Paiton dan Universitas Nurul Jadid.

Relawan ini terbukti berhasil meningkatkan capaian vaksinasi di Kecamatan hingga 63% sampai bulan November. Selain itu bantuan seperti sarana prasana penanggulangan dan pencegahan COVID-19 juga diberikan kepada lembaga kesehatan, sekolah, hingga instansi pemerintahan.

Kolaborasi dan sinergi secara berkelanjutan merupakan kunci keberhasilan UP Paiton dalam menjalankan bisnis yang bertanggungjawab kepada lingkungan. Meski telah beroperasi lebih dari 28 tahun, perusahaan terus berkomitmen untuk terus bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan turut berperan dalam peningkatan kesejahteraan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar