Jelang Uji Coba Pembukaan Makam Bung Karno, Ratusan Pelaku Wisata Jalani Tes Swab Antigen

KBRN, Blitar : Pemerintah Kota Blitar secara resmi telah mengizinkan wisata Makam Bung Karno untuk melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di masa PPKM level 3. Sebelum di uji coba, ratusan pelaku wisata menjalani tes swab antigen. 

Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Heru Santoso mengatakan, sebanyak 150 pelaku wisata di kawasan Makam Bung Karno Kota Blitar pada Sabtu (18/09/2021) menjalani tes swab antigen di posko pusat informasi pariwisata dan perdagangan (PIPP).

"Tes swab antigen ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan dari teman teman pelaku wisata, terkait rencana uji coba pembukaan wisata Makam Bung Karno," ujarnya. 

Kata Heru, jika dalam pelaksanaan tes swab antigen ditemukan ada yang hasilnya positif maka yang bersangkutan harus menjalani isolasi. Namun, hal ini tidak menjadi acuan untuk uji coba pembukaan tempat wisata dibatalkan. Sebab, keterlibatan yang bersangkutan akan diganti dengan pelaku wisata yang lainnya. 

"Kalau ada yang positif langsung kita arahkan untuk isolasi. Namun, hal ini tidak menjadi acuan untuk uji coba pembukaan wisata, jadi yang bersangkutan itu akan diganti dengan pelaku wisata yang lainnya," terang dia. 

Kegiatan tes swab antigen ini mendapat respon positif dari pelaku wisata yang ada di PIPP maupun Makam Bung Karno. Salah satu pedagang buah di kawasan PIPP kota Blitar Chistina mengaku senang mengikuti tes swab antigen. Menurutnya, rasa takut di dalam dirinya perlahan hilang demi bisa dibukanya kembali tempat wisata. Christina berharap kegiatan wisata di Kota Blitar bisa segera berjalan normal. 

"Meskipun awalnya saya takut, sekarang sudah tidak lagi. Demi wisata bisa dibuka lagi dan kegiatan pariwisata bisa kembali normal," ungkapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00