Penutupan Wisata TNBTS Diperpanjang, Pintu Masuk Dijaga Ketat

KBRN, Malang : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) resmi memperpanjang penutupan wisata di kawasan TNBTS. Hal itu mengacu pada arahan dan pernyataan Presiden RI tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

“Karena PPKM diperpanjang, maka objek dan daya tarik wisata alam di kawasan TNBTS diperpanjang sampai pengumuman lebih lanjut,” kata Plt. Kepala BB TNBTS, Novita Kusuma Wardani, Senin (26/7/2021).

BB TNBTS pun mengimbau wisatawan untuk mematuhi aturan penutupan ini. Pasalnya, sejak penutupan tempat wisata pada 3 Juli lalu, masih ada wisatawan yang mencoba masuk untuk berlibur di objek wisata andalan Jawa Timur ini.

“Masih ada wisatawan yang mencoba masuk berlibur, tetapi kita cegah secara persuasif di pintu masuk,” tutur Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Kehumasan BB TNBTS, Sarif Hidayat.

Untuk mencegah wisatawan yang masuk, petugas siaga melakukan penjagaan di lima pintu masuk, yakni pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Penanjakan Pasuruan, Tengger Laut Pasir Probolinggo, Ranu Pani dan Sentral Senduro Lumajang. “Penjagaan juga dilakukan dengan cara patroli di lokasi wisata,” ujar Sarif.

Patroli dan penjagaan ini dilakukan oleh 75 orang petugas BB TNBTS dibantu relawan. “Bahkan untuk penjagaan di Coban Trisula dan Sentral Senduro kami dibantu TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP, karena  kawasan tersebut merupakan perlintasan antar wilayah,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00