Dampak PPKM, Puluhan Hotel di Kota Batu Berhenti Beroperasi Sementara

KBRN, Batu : Diperpanjangnya status PPKM berdampak pada berhenti beroperasinya sementara puluhan hotel di Kota Batu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, jumlah hotel yang berhenti beroperasi sementara bertambah sejak awal PPKM.

"Saat ini untuk yang besar-besar sudah mulai banyak yang berhenti operasional, kurang lebih ada sepuluh hotel besar," jelasnya, Jumat (23/7/2021).

Terdapat alasan manajemen hotel yang terpaksa harus berhenti beroperasi sementara, hal ini dikarenakan selama masa PPKM tidak banyak tamu yang menginap.

Sujud menambahkan, jika hotel terus dibuka,  maka biaya operasional akan membengkak, padahal tidak ada pemasukan yang diterima.

"Jika diteruskan, sementara tidak ada tamu, dan karyawan tetap masuk, mereka akan merugi. Selain karyawan, juga ada pemasok bahan makanan yang menyuplai kebutuhan," urainya.

Tidak hanya hotel-hotel besar yang menghentikan sementara kegiatan operasional mereka, sebagian hotel kecil masih tetap beroperasi.

"Sebetulnya mereka masih buka, saya tidak tahu ada tamu atau tidak. Karena biaya operasional untuk hotel yang kecil tidak terlalu besar, ada yang ditunggu oleh pemiliknya sendiri," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00