Yadnya Kasada, Mulai Hari Ini Wisata Bromo Ditutup Sementara

Kawasan wisata Bromo Tengger Semeru (Foto : BB TNBTS)

KBRN, Malang : Obyek wisata Gunung Bromo ditutup sementara mulai hari ini Kamis (24/6/2021) hingga 26 Juni mendatang. Penutupan itu dilakukan karena adanya upacara Yadnya Kasada yang digelar oleh masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo. Penutupan itu berdasarkan surat keputusan dari Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan pada 8 Juni lalu.

Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Novita Kusuma Wardani mengatakan, selain untuk mencegah penyebaran Covid-19, penutupan juga dilakukan agar masyarakat Tengger bisa lebih khidmat merayakan Yadnya Kasada.

“Sekaligus merupakan implementasi salah satu dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi, yaitu penghormatan nilai budaya dan adat,” tuturnya.

Untuk itu, bagi wisatawan yang akan ke Gunung Bromo dan sekitarnya, dapat kembali berwisata pada Minggu (27/6/2021) pukul 00.01 WIB.

“Selama Yadnya Kasada, kami lakukan penutupan jalur dari arah Probolinggo yakni di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari, sementara dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00