DLH Kota Malang Gencarkan Pengolahan Sampah 3R

KBRN, Malang : Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus mengembangkan berbagai metode pengolahan sampah di lingkungan masyarakat. Salah satunya dengan membangun tempat pengolahan sampah reduce, reuse, and recycle (TPS 3R) yang tujuannya untuk menjadikan pengelolaan lingkungan jauh lebih baik.

Dikatakan Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto, TPS 3R yang dibangun mampu menangani permasalahan sampah hingga 98.02 persen. 

“TPS 3R ini adalah sistem pengolahan sampah yang menggunakan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang efektif dan efisien. Dan ini sangat mampu mengatasi sampah di Kota Malang hingga 98.02 persen,” ujarnya saat di Balaikota , Jumat (18/063021).

Untuk saat ini sudah memiliki tiga TPS 3R di Balai Arjosari, Bandung Rejosari, dan Merjosari. Dan untuk saat ini sedang dibangun satu TPS 3R lagi di Buring, yang masih dalam pembangunan berbentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

TPS 3R dengan segala fasilitas penunjangnya mempermudah masyarakat dalam mengelola sampah. Sehingga pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah dapat berkurang serta melalui pengolahan yang tepat sampah dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomis,

Atas dedikasi dan kiprah dalam mengelola sampah di Kota Malang, Pemkot Malang sempat menerima penghargaan pengurangan sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) secara virtual pada 22 Maret 2021 lalu.

"Kita mendapatkan apresiasi dari Kementerian LHK atas upaya pengelolaan dan menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R) atau  memilih dan memilah sampah sejak dari rumah sebelum diambil petugas. Dan perlu diingat kita   juga bekerja sama dengan Bank Sampah Malang (BSM),” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00