DLH Kota Batu Gelar Pameran Produk Daur Ulang Sampah

KBRN, Batu: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memulai gelaran Batu Recycling Exhibition. Kegiatan yang digelar pada Lippo Plaza Batu pada 6 hingga 11 April 2021 ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021.

Kepala DLH Koa Batu, Aries Setiawan mengatakan, pameran ini merupakan upaya Pemerintah Kota Batu untuk mengkampanyekan pengelolaan sampah melalui kegiatan daur ulang, dengan menjadikan produk-produk yang memiliki nilai ekonomis.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan upaya pengurangan sampah yang telah dilakukan oleh masyarakat melalui kegiatan Recycle/daur ulang, dapat terfasilitasi dan terus berkembang serta mampu meningkatkan pendapatan," jelasnya, Selasa (6/4/2021).

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko menilai bahwa pameran ini menjadi simbol karya seni dari kreativitas masyarakat dengan meningkatkan nilai ekonomi yang berasal dari sampah. 

"Saya melihat disini ada karya seni hebat yang dibuat dari botol bekas, ini sangat baik. Ketika kita bisa mengelola sampah dengan baik, itu bisa menjadi sesuatu yang berbeda dan bermanfaat," jelasnya.

Berbagai hasil produk daur ulang sampah, mulai dari tas belanja, bunga hias, dompet hingga vas bunga, pameran yang berlangsung selama enam hari ini akan diisi dengan berbagai talkshow yang akan membahas berbagai topik tentang lingkungan, pengolahan sampah dan UMKM.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00