Puluhan SD di Kota Malang Malang Belajar Bikin Biopori

KBRN, Malang: Konsep sekolah Adiwiyata di Kota Malang semakin dikuatkan. Bahkan kini sejumlah Sekolah Dasar (SD) di kota pendidikan serius belajar menerapkan dan membuat lubang biopori. Salah satu upayanya dengan belajar pada pengelolaan biopori di Kampung Glintung Go Green (3G).

Kepala Sekolah SDN Dinoyo 3, Suryani, M.Pd. mengungkapkan, upaya sadar lingkungan untuk warga di sekolahnya terus dilakukan. Tak hanya edukasi untuk peserta didik, namun juga untuk walimurid. “Kami didik anak-anak di sekolah sekaligus edukasi pada orang tuanya soal sadar lingkungan, bagaimana membuat biopori,” kata Suryani, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, di sekolah tersebut sudah dibangun biopori atau lubang serapan di tiap satu meter area kebun sekolah. Hal itu ternyata berdampak pada pengurangan potensi banjir dan genangan air jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. “Anak-anak juga dilatih mencintai lingkungan, membiasakan menanam dan merawat tanaman,” tuturnya.

Sebelumnya, sebanyak 24 Kepala Sekolah Dasar Wilayah Lowokwaru menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bambang Irianto selaku penggagas kampung 3G. Hal itu sebagai bentuk kerjasama secara resmi terkait pembinaan sekolah Adiwiyata green school.  

”Saya siap membantu, terutama untuk perubahan mindset murid-muridnya. Karena sekolah Adiwiyata itu bukan hanya infrastruktur. Tapi bagaimana setiap siswa atau guru bisa menerapkan di rumah, apa yang ada di sekolahnya. Syarat kerjasama yaitu masing masing sekolah harus bikin biopori atau sumur resapan,” ujar Bambang.

Ia mengungkapkan, Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00