Disupport, Coretan Dinding Jadi Destinasi Wisata

KBRN, Malang: Coretan dinding yang mengotori pemandangan akan memiliki nilai estetika saat diberikan dukungan oleh Pemerintah Daerah. Bahkan, diyakini akan menjadi destinasi wisata tematik.

Diantaranya, kampung mural di Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang yang kini menjadi kampung mural, destinasi wisata. 

"Kampung Mural ini diawali dengan sebuah ruang yang diberikan oleh masyarakat untuk menampung ekspresi anak anak yang beberapa tahun lalu mengalami penyimpangan sosial, melakukan coret coret di tempat umum, " kata Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, Minggu (4/4/2021). 

Hingga diberikan dukungan ruang untuk menuangkan ekspresi yang memiliki nilai seni dan estetis, yang berakhir dengan nilai ekonomi. Sebab itu, kondisi ini harus bisa ditangkap oleh dinas pendidikan dan dinas pariwisata, untuk mewadahi ekspresi anak muda yang mempunyai potensi di bidang seni lukis, pelukis mural. 

"Kalau dilakukan dan dieksplor, bisa diwadahi ditata pada wilayah tertentu dan menjadi kampung mural makan justru menjadikan lingkungan menjadi indah dan menjadi kampung wisata, " bebernya. 

Didik menyebut, jika upaya itu bisa dilakukan di beberapa Desa dan disupport, maka dipastikan tidak akan ada problem. Justru akan mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat 

"Clear sudah, tidak akan ada problem baru, kampung akan indah tidak ada coretan dan memiliki daya ekonomi serta menjadi kampung wisata yang mampu mengungkit wisata baru dan perekonomian, " urainya. 

Ia mengingatkan kepada dinas pariwisata agar memberikan ruang bagi pelukis mural, dan melakukan kerjasama dengan desa wisata. Ditegaskan, seluruhnya diwadahi dan diorganisir menjadi produk murah meriah, namun memiliki nilai jual tinggi. 

"Masukkan dalam rencana kerja support dan kerjasamakan agar kunjungan wisata semakin tinggi, " tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00