Sambang Mbatu, Kebangkitan Wisata Seni Budaya di Masa Pandemi

KBRN, Batu: Pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor, tidak menyurutkan program kebangkitan pariwisata Kota Batu pada tahun ini, khususnya dari sektor kesenian.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief Ashiddiq ditemui usai pertunjukkan mengatakan, pihaknya bertekad menghidupkan kembali nilai seni dan infrastruktur kesenian Sendra Tari Arjuna Wiwaha di Kelurahan Sisir, Kota Batu.

"Dari pertunjukkan yang telah digelar, kami berharap kegiatan seni di Kota Batu supaya tetap bisa eksis dengan Prokes yang ketat, nanti pada gilirannya akan berdampak pada  perekonomian yang kembali normal seperti sebelum pandemi,” katanya, Minggu (4/4/2021).

Pertunjukan Sendra Tari yang dikemas dengan judul 'Sambang Mbatu' itu menampilkan berbagai perpaduan budaya khas Kota Apel, seperti Jaran Kepang, Bantengan, Tari Sando asli Kota Batu, hingga tari tradisional lainnya, semua berpadu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Arief menambahkan saat ini proyeksi kebangkitan ekonomi sektor wisata menjadi fokus Pemkot Batu usai gelombang pandemi dalam satu tahun ini.

Oleh karena itu, Disparta menggandeng agen travel wisata untuk memeriahkan event tersebut. Selain itu pertunjukkan seni diharapkan menjadi pioner kebangkitan pariwisata agar seniman Kota Batu kembali berkarya dan beraktivitas meski pandemi covid.

“Banyak klien agen travel yang datang ke Kota Batu, Kami mengundang mereka menyaksikan pertunjukkan ini, selain itu pentas seni mewujudkan eksistensi jati diri seni budaya agar tetap lestari dan seniman dapat kembali beraktivitas kembali meski pandemi," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00